PENGEMBANGAN MEDIA ILUSTRASI KARTUN AL-BIRUNI BERBASIS LITERASI SAINS UNTUK JENJANG SMP

QAMARIA, SITTI LAIALTUL (2022) PENGEMBANGAN MEDIA ILUSTRASI KARTUN AL-BIRUNI BERBASIS LITERASI SAINS UNTUK JENJANG SMP. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
sitti lailatul qamaria_19707251010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui hasil media ilustrasi kartun Al-Biruni yang layak untuk meningkatkan literasi sains; 2) mengetahui hasil media ilustrasi kartun Al-Biruni yang praktis untuk meningkatkan literasi sains; 3) Mengetahui keefektivan media ilustrasi kartun Al-Biruni untuk meningkatkan literasi sains. Metode penelitian yang digunakan yaitu R & D yang mengadopsi pengembangan dari Borg and Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah SMPN se-kota Yogyakarta, yaitu SMPN 1 Yogyakarta hingga SMPN 16 Yogyakarta. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, panduan wawancara, dan angket. yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan guru untuk memberikan validasi terhadap kualitas media ilustrasi kartun Al-Biruni. Angket berupa respon peserta didik terhadap media yang dikembangkan tersebut untuk mengetahui respon terhadap produk. Jenis data yang dihasilkan kualitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria penilaian untuk menentukan kualitas buku cerita bergambar yang dikembangkan. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa media ilustrasi kartun Al-biruni dengan bentuk fisik buku cerita bergambar berbasis literasi sains. Hasil penilaian ahli materi mencapai persentase sebesar 83,61% dan 83,47% dengan kategori sangat layak, penilaian ahli media mendapatkan persentase 75% dengan kategori layak, penilaian ahli bahasa mendapatkan persentase 95,63% dengan kategori sangat layak, dan penilaian guru mendapatkan persentase 85,93% dan 93% dengan kategori sangat baik. Sedangkan respon peserta didik SMPN se-kota Yogyakarta yang berjumlah 1001 peserta didik mendapatkan pesentase 85,4% dengan kategori sangat baik. Selain itu, efektivitas media ilustrasi kartun Al-Biruni berada pada kategori sedang dengan n-gain yaitu 0,49.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Cartoon illustration, Scientific Literacy, Learning Media, Al-Biruni
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 11 May 2023 01:18
Last Modified: 11 May 2023 01:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77734

Actions (login required)

View Item View Item