PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ONLINE INTERAKTIF PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK

FITRI, DIANA ELLYZA EMA (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ONLINE INTERAKTIF PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI PESERTA DIDIK. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
diana ellyza ema fitri_19707251016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media LKPD online interaktif problem based learning sebagai media pembelajaran untuk mata pelajaran Biologi di SMA (2) mengetahui tingkat validitas produk yang dikembangkan menurut ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran, dan ahli instrument tes (3) mengetahui keefektifan pemanfaatan produk yang dikembangkan terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Pengembangan produk menggunakan aplikasi Wizer.me yang mengacu desain sistem pembelajaran model ADDIE dengan tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Desain penelitian yang digunakan Pre-eksperimen One Group Pretest & Posttest Design, dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sungai Lilin, Musi Banyuasin dengan subjek uji coba terbatas terdiri dari 12 peserta didik kelas X MIPA 3 mewakili kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Uji coba lapangan yang terdiri dari 34 pesera didik kelas X MIPA 1. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara guru, kuisioner kebutuhan peserta didik, angket penilaian ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran, ahli instrument tes, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar peserta didik. Analisis data menggunakan uji Normalized Gain untuk menentukan kategori hasil belajar setelah memanfaatkan produk. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) produk dalam penelitian ini adalah media pembelajaran LKPD Online Interaktif Problem Based Learning yang dapat diakses pada website Wizer.me (2) produk yang dikembangkan valid dan layak digunakan sebagai penunjang pembelajaran (3) produk yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik dengan nilai gain score 0,396 kategori sedang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: student worksheet development, interactive, higher order thinking skills
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 11 May 2023 01:14
Last Modified: 11 May 2023 01:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77733

Actions (login required)

View Item View Item