PENGARUH PENERAPAN MODEL KONSIDERASI TERHADAP SIKAP HORMAT DAN SIKAP PEDULI SOSIAL ANAK-ANAK PANTI ASUHAN SANTA MARIA, BANYUASIN

Buana, Darmuat Abdi (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL KONSIDERASI TERHADAP SIKAP HORMAT DAN SIKAP PEDULI SOSIAL ANAK-ANAK PANTI ASUHAN SANTA MARIA, BANYUASIN. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
darmuat abdi buana_19707251013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh penerapan model pembelajaran konsiderasi terhadap sikap hormat dan sikap peduli sosial anak-anak panti asuhan Santa Maria, Banyuasin melalui pembelajaran dengan model konsiderasi yang dilakukan sebanyak 8 (delapan) kali pertemuan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain eksperimen one group pretest-postest dengan subjek penelitian anak-anak panti asuhan Santa Maria, Banyuasin. Pengumpulan data menggunakan angket yang berisi tentang pernyataan yang mengukur variabel sikap peduli sosial dan sikap hormat dengan skala likert. Validitas instrumen dilakukan dengan penilaian ahli. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa model konsiderasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap peduli sosial. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis menggunakan Paired Samples T-test. Dari pengujian tersebut didapatkan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05. Sementara itu, pengaruh model pembelajaran konsiderasi terhadap sikap hormat dengan menggunakan uji Wilcoxon di dapatkan hasil yang tidak signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,111 > 0,05. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran konsiderasi dapat dikatakan tidak efektif untuk meningkatkan sikap hormat pada diri anak-anak panti asuhan Santa Maria.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Consideration Model, Respect, Social Care
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 10 May 2023 01:37
Last Modified: 10 May 2023 01:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77722

Actions (login required)

View Item View Item