PENGEMBANGAN MODEL ONLINE PROJECT-BASED LEARNING : PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS

Salma, Atika (2022) PENGEMBANGAN MODEL ONLINE PROJECT-BASED LEARNING : PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
atika salma_19707251012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)

Abstract

Penerapan pembelajaran Bahasa Inggris secara online pada pandemic tentunya memiliki hambatan dan kendala dalam proses penerapannya. Penelitian pengembangan online project-based learning ini dilakukan sebagai alternatif solusi dari permasalahan yang dihadapi. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk: (1) menghasilkan desain model project-based learning dalam pembelajran online mata pelajaran Bahasa Inggris, dilengkapi dengan model, panduan, bahan ajar, dan instrument, (2) mengetahui tingkat kelayakan model pembelajaran project-based learning pada pembelajaran online, (3) mengetahui tingkat kepraktisan online project-based learning dalam pembelajaran Bahasa Inggris, dan (4) mengetahui tingkat keefektifitasan model online project-based learning terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik. Model pengembangan pembelajaran ADDIE digunakan sebagai acuan pengembangan dengan tahapan: Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Kemudian, gain score one group Pretest-Posttest desain digunakan untuk (a) mengetahui tingkat keefektifitasan produk yang dikembangkan dan (b) mengetahui pengaruhnya terhadap motivasi dan hasil belajar sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan melibatkan 32 peserta didik kelas VIII SMP N 1 TEMON, Kulon Progo. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (a) menghasilkan desain pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) online project-based learning untuk peserta didik kelas VIII mata pelajaran Bahasa Inggris, (b) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran online project based learning layak digunakan karna nilai rerata score uji kelayakan ahli desain pembelajaran 4.14 yang termasuk dalam kategori sangat layak, (c) Online project-based learning cukup praktis diterapkan dalam pembelajaran dengan nilai uji kepraktisan sebesar 2,919 yang termasuk kedalam kategori cukup layak dengan klasifikasi skor 2,61 ≤ xi ≤ 3,40, dan (d) produk yang dikembangkan efektif untuk digunakan selanjutnya dilihat dari nilai gain score 0.698 yang termasuk kedalam klasifikasi sedang karna nilai diantara 0,70 > g ≥ 0,3. Kemudian terdapat pengaruh motivasi dan hasil belajar meningkat setelah diterapkan online project-based learning yang dilihat dari nilai pre-test dan post- test peserta didik yang meningkat.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: online learning amid pandemic, project-based learning models, motivation, learning outcome
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 10 May 2023 01:21
Last Modified: 10 May 2023 01:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77721

Actions (login required)

View Item View Item