Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri-Flipped classroom Untuk Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi Kimia

RAMADANI, YULTARI (2022) Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri-Flipped classroom Untuk Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi Kimia. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
yultari ramadani_20707251003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) menjelaskan langkah sistematik pengembangan model pembelajaran inkuiri-flipped classroom (2) tingkat validitas prosedur model pembelajaran inkuiri-flipped classroom (3) kinerja model pembelajaran inkuiri-flipped classroom dalam meningkatkan kemampuan argumentasi . Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan prosedur model pembelajaran yang mengacu pada penelitian yang dikembangkan oleh Lee J.L dan Jang tipe penelitian F2-O1+O2-S1+S5+S6-A3. Pada tipe ini mengkonstruksi suatu model desain pembelajaran procedural (procedural instructional design model) penentuan sumber data berasal dari theory-driven dilanjutkan dengan practice-driven melalui integrasi pendapat para ahli dan praktisi dengan pola desai heuristik dengan menggunakan pendekatan hybrid. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik Delphi dan teknik analisis data yang digunakan adalah model spiral. Data yang dikumpulkan bersifat kualitatif dengan menggunakan instrumen pedoman wawancara. Produk yang dihasilkan berupa alur model pembelajaran inkuiri-flipped classroom dan LKPD. Hasil validasi oleh ahli terhadap konseptual dan praktisi secara prosedural menyatakan produk layak diujicobakan. Hasil dari ujicoba kelompok kecil diperoleh bahwa alur model pembelajaran inkuiri-flipped classroom dan LKPD efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa alur model pembelajaran inkuiri-flipped classroom dan LKPD telah melalui tahap pengembangan dan mendapat respon sangat baik dari pendidik. dengan demikian alur model pembelajaran inkuiri-flipped classroom dan LKPD dapat digunakan dalam membantu proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berargumentasi pada factor-faktor yang dapat mempengaruhi laju reaksi

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri, Model Pembelajaran Flipped Classroom, Kemampuan Berargumentasi, Pengembangan Prosedur Model Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 10 May 2023 01:07
Last Modified: 10 May 2023 01:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77720

Actions (login required)

View Item View Item