PENGARUH PEMANFAATAN KONTEN VIDEO YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI

Rissal, M. Edwansyah (2022) PENGARUH PEMANFAATAN KONTEN VIDEO YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
m. edwansyah rissal_19707251023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media konten video YouTube dan buku ajar dalam pembelajaran geografi terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS SMAN 1 Pematang Sawa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain adalah Nonequivaletn Pretest-Posstest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMAN 1 Pematang Sawa pada tahun ajaran 2021/2022. Sample dipilih dua kelas yaitu kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 dengan menggunakan prosedur clustering sampling. Kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol diberikan perlakuan dengan menggunakan media buku ajar dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan media konten video YouTube. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, angket, dan tes. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui keaktifan peserta didik. Beberapa aspek keaktifan yang diamati pada penelitian ini adalah membaca, bertanya, menjawab, dan merangkum materi pelajaran. Teknik angket digunakan untuk mengetahui respons dari peserta didik terhadap keaktifan belajar yang bertujuan untuk mendukung hasil pengamatan atau observasi. Test yang diukur adalah test soal kognitif pilihan ganda pretest dan posttest yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada materi geografi tentang sebaran flora dan fauna di Indonesia dan dunia sebelum dan sesudah perlakuan. Taknik analisis data yang digunakan adalah uji “t” dengan taraf signifikansi 0,05 dan uji n-gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan media konten video YouTube dengan pembelajaran yang menggunakan media buku ajar geografi materi sebaran flora dan fauna di Indonesia dan dunia terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik SMAN 1 Pematang Sawa. Media konten video YouTube lebih efektif dari pada media buku ajar pada materi geografi tentang sebaran flora dan fauna terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik SMAN 1 Pematang Sawa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: video YouTube, textbooks, activity, learning outcomes
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 10 May 2023 01:11
Last Modified: 10 May 2023 01:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77707

Actions (login required)

View Item View Item