EVALUASI PROGRAM PELATIHAN ENGLISH FOR ADMINISTRATIVE ASSISTANT DI BALAI LATIHAN KERJA DAN PENGEMBANGAN PRODUKTIVITAS PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Rachmadi, Safira Hayunda (2022) EVALUASI PROGRAM PELATIHAN ENGLISH FOR ADMINISTRATIVE ASSISTANT DI BALAI LATIHAN KERJA DAN PENGEMBANGAN PRODUKTIVITAS PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
18105244024 _Safira Hayunda Rachmadi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pelaksanaan English for Administrative Assistant di Balai Latihan Kerja Pengembangan Produktivitas Daerah Istimewa Yogyakarta ditinjau dari Context Evaluation, Input Evaluation, Process Evaluation, Product Evaluation. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi CIPP dengan metode evaluasi kualitatif dan kuantitatif. Pada pendekatan kualitatif data dijabarkan dengan uraian deskriptif dengan triangulasi data. Selanjutnya pada pendekatan kuantitatif diskripsikan dengan menggunakan statistic deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dan histogram. Sumber data dalam penelitian ini adalah Ketua Jurusan Bahasa Asing, Instruktur Jurusan Bahasa Asing, Kepala Seksi Pelatihan, dan seluruh peserta pelatihan. Pengumpulan data dilakukan dengan Angket, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Validitas instrumen penelitian dilakukan dengan expert judgement dari ahli pelatihan dan spss Karl Pearson. Hasil penelitian pada evaluasi context dapat dikatakan baik karena adanya latar belakang lembaga yang jelas, visi dan misi lembaga yang jelas, tujuan lembaga yang jelas, tugas dan fungsi lembaga yang jelas diatur dalam peraturan pemerintah dan analisis kebutuhan pelatihan yang baik dengan dibuktikan banyaknya masyarakat yang mendaftar di pelatihan English for Administrative Assistant. Hasil penelitian evaluasi input pada indikator kualifikasi instruktur dinyatakan sudah baik dikarenakan semua instruktur yang mengajar sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh Kemnaker. Pada indikator kualifikasi peserta pelatihan mendapat presentase 68,75% dengan kategori sangat baik, sedangkan pada indikator kondisi sarana dan prasarana mendapatkan presentase 50% dengan kategori baik. Hasil penelitian evaluasi Process pada indikator pelaksanaan pelatihan mendapat presentase 46,9% dengan kategori baik. Pada indikator peranan instruktur mendapat presentase 40,6% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian pada evaluasi Product program pelatihan English for Administrative Assistan yakni keterampilan peserta pelatihan berbahasa inggris mendapat presentase sebesar 59,4% masuk kedalam kategori baik

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: CIPP, Evaluasi, Pelatihan, Bahasa Inggris
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 09 May 2023 03:58
Last Modified: 09 May 2023 03:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77706

Actions (login required)

View Item View Item