PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MATERI KPK DAN FPB UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI GEMAWANG

Putri, Hani Widya (2022) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MATERI KPK DAN FPB UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI GEMAWANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
18105241042 _Hani Widya Putri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk : (1) menghasilkan produk video animasi materi KPK dan FPB untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Gemawang, 2) mendeskripsikan tingkat kelayakan video animasi materi KPK dan FPB untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Gemawang, 3) mendeskripsikan efektivitas pemanfaatan video animasi materi KPK dan FPB untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Gemawang.Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan model Hannafin dan Peck dengan tiga tahapan yaitu : 1) Penilaian Kebutuhan, 2) Desain, dan 3) Pengembangan dan implementasi meliputi evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Subjek uji coba pada penelitian ini terdiri dari : 1 orang ahli materi, 1 orang ahli media, 9 siswa uji coba pertama, 20 siswa uji coba kedua, dan 29 siswa uji efektivitas . Pengumpulan data evaluasi formatif dan sumatif menggunakan angket. Hasil pengembangan media pembelajaran diketahui bahwa: (1) produk media pembelajaran video animasi matematika ini telah selesai dikembangkan sesuai dengan prosedur pengembangan . (2) kelayakan produk berdasarkan validasi ahli materi sebesar (90%) termasuk kriteria “sangat layak” untuk digunakan, sedangkan berdasarkan validasi ahli media sebesar (86,75%) termasuk kriteria “sangat layak” untuk digunakan, kelayakan produk berdasarkan penilaian guru sebesar (80%) termasuk kriteria “layak” untuk digunakan. Hasil uji coba pertama mampu meningkatkan minat belajar siswa sebesar (62,22%), pada uji coba kedua mampu meningkatkan minat belajar siswa sebesar (42,50%). 3) Produk media pembelajaran video animasi matematika ini efektif digunakan dengan peningkatan minat sebesar (48,51%) dari uji efektivitas oleh siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, video animasi, matematika, KPK dan FPB
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 09 May 2023 03:50
Last Modified: 09 May 2023 03:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77704

Actions (login required)

View Item View Item