Wardana, Gilang Kusuma and Arifin, Zainal (2023) Pengembangan Pembelajaran Berbasis Web untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Pelajaran Perawatan Sistem Air Conditioning. S2 thesis, Program Pascasarjana.
Text
tesis-gilang kusuma wardana-21702251038.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan pembelajaran berbasis web untuk meningkatkan kemampuan pemecahan peserta didik pada materi pelajaran perawatan sistem Air Conditioning (AC), (2) mengungkapkan kelayakan pembelajaran berbasis web yang dikembangkan tersebut untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi pelajaran perawatan sistem AC, dan (3) mengungkapkan keefektifan pembelajaran berbasis web yang dikembangkan tersebut dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi pelajaran Perawatan Sistem AC. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE (analyze, design, develop, implement, dan evaluate). (1) Tahap analyze terkait dengan analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis teori, analisis kurikulum dan penyusunan peta konsep; (2) tahap design berkaitan dengan pemilihan perangkat pembelajaran, pemilihan web, pemilihan format web, rancangan awal web dan penyusunan instrumen hingga dihasilkan draft I; (3) tahap develop berkaitan dengan revisi berdasarkan saran dan komentar dari validator ahli media dan ahli materi yang menghasilkan draft II, dilanjutkan penilaian praktisi dan uji coba terbatas aspek keterbacaan; (4) tahap implement berkaitan dengan penerapan pembelajaran berbasis web di SMK Muhammadiyah Berau; dan (5) tahap evaluate terkait dengan evaluasi pembelajaran berbasis web secara keseluruhan. Subjek penelitian ini adalah 68 peserta didik kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) SMK Muhammadiyah Berau (37 siswa kelas XI TKRO 2 sebagai kelas eksperimen dan 31 siswa kelas kontrol). Instrumen pembelajaran berupa RPP, LKPD, dan media pembelajaran, serta instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, lembar kepraktisan, lembar keterbacaan, dan soal tes kemampuan pemecahan masalah. Uji coba lapangan dilakukan menggunakan metode eksperimen semu dengan pretest-posttest control group design. Keefektifan produk dianalisis menggunakan Mann-Whitney Test karena data tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Pembelajaran berbasis web yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. (2) Pembelajaran berbasis web tersebut layak menurut validator ahli media dan ahli materi, dengan kategori “sangat baik”; praktis menurut praktisi, dengan kategori “sangat baik”; dan mendapatkan respon positif berdasarkan aspek keterbacaannya oleh peserta didik dengan kategori “sangat baik”. (3) Pembelajaran berbasis web yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, dengan skor gain sebesar 0,51 dan berkategori “sedang”.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran berbasis web, pemecahan masalah |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 09 May 2023 01:42 |
Last Modified: | 09 May 2023 01:42 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77699 |
Actions (login required)
View Item |