STUDI TENTANG KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA TERHADAP INFORMASI PEMBELAJARAN ONLINE DALAM UPAYA PENINGKATAN LITERASI MEDIA

SENJAYA, ELISABET ANI AYU (2022) STUDI TENTANG KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA TERHADAP INFORMASI PEMBELAJARAN ONLINE DALAM UPAYA PENINGKATAN LITERASI MEDIA. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
elisabet ani ayu senjaya_20707251006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis (1) daya seleksi siswa terhadap informasi, (2) pemrosesan dan penafsiran siswa terhadap informasi, dan (3) kemampuan berpikir kritis siswa terhadap informasi dalam pembelajaran online dengan metode project-based learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yakni siswa SMP Eksperimental Mangunan berjumlah 15 yang mengikuti kelas ekstrakurikuler jurnalistik. Data dikumpulkan selama empat bulan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Penelitian ini menghasilkan tiga temuan. Pertama, daya seleksi siswa terhadap informasi dari media sifatnya bervariatif. Siswa yang berada pada tahapan literasi media tinggi akan selalu memeriksa kembali informasi yang diperolehnya dengan cara crosscheck. Siswa yang berada di level sedang dan rendah, dimungkinkan mengakses satu hingga dua informasi saja tanpa memperbandingkan lebih banyak media. Kedua, pemrosesan dan penasfiran siswa terhadap informasi bersifat fleksibel. Para siswa menyimpulkan informasi jika konten itu berkualitas dan dapat memenuhi kebutuhan tugas sekolah. Mereka biasanya melampirkan tautan atau video saat menjelaskan hal khusus kepada orang lain. Proses sintesis dan abstraksi informasi dilakukan siswa melalui ringkasan yang ditulis dengan menggunakan bahasanya sendiri. Ketiga, kemampuan berpikir kritis siswa terhadap informasi pembelajaran online memiliki beberapa perbedaan kategori tergantung pada tahapan literasi media setiap invidu. Pada tipologi kritis reflektif, siswa berpikir secara lateral. Mereka akan sangat analitis ketika berhadapan dengan informasi dari media. Pada tipologi kritis otonom, siswa mulai aktif memilih media yang diakses berdasarkan standar yang mereka yakini dengan logika sederhana. Pada tipologi kritis instruktif, siswa menentukan media yang diakses sesuai prosedur dari orang lain. Dengan demikian, pembelajaran berbasis proyek yang diterapkan di SMP Eksperimental Mangunan memiliki pengaruh signifikan pada kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Critical Thinking, Media Literacy, Online Learning
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 04 May 2023 03:33
Last Modified: 04 May 2023 03:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77668

Actions (login required)

View Item View Item