KONSTRUKSI GURU TERHADAP PEMBELAJARAN ABAD 21 DAN IMPLEMENTASINYA DI SEKOLAH DAERAH 3T (Studi Kasus di Sekolah Kecamatan Batabual Kabupaten Buru Maluku)

Muhidin, Aswar (2022) KONSTRUKSI GURU TERHADAP PEMBELAJARAN ABAD 21 DAN IMPLEMENTASINYA DI SEKOLAH DAERAH 3T (Studi Kasus di Sekolah Kecamatan Batabual Kabupaten Buru Maluku). S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
aswar muhidin_20707251027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan bagaimana guru di sekolah daerah 3T Kecamatan Batabual menginterpretasi, mengonstruksi serta mengimplementasi pembelajaran abad 21 dan (2) Mendeskripsikan apa saja yang menjadi kendala pada pembelajaran abad 21 di sekolah daerah 3T Kecamatan Batabual. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan salah satu dari tradisi penelitian kualitatif, yaitu studi lapanan. Penelitian ini dilakukan di lima sekolah di Kecamatan Batabual dengan karakteristik yang mewakili kondisi dan keadaan yang terjadi di lapangan yaitu MA LKMD Batujungku, SMP N 19 Buru Kecamatan Batabual, MTs LKMD Pela Kecamatan Batabual, SD N 1 Batabual, dan SMA N 4 Buru Kecamatan Batabual. Pemilihan sekolah dan lokasi penelitian dilakukan secara purposive. Subyek utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru berjumlah 10 orang yang dapat menggambarkan bagaimana pembelajaran abad 21 yang dilakukan di sekolah Kecamatan Batabual. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, pengamatan dan studi dokumen yang diyakini mampu mengelaborasi pembelajaran abad 21 di sekolah Kecamatan Batabual. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa (1) Interpretasi guru sekolah daerah 3T Kecamatan Batabual menunjukan bahwa pembelajaran dengan mengintegrasikan teknologi sebagai ciri pembelajaran abad 21 sangatlah sulit bila diterapkan di sekolah-sekolah Kecamatan Batabual karena memperoleh beberapa faktor penghambat, yaitu diantaranya adalah kendala infrastruktur seperti jalan, listrik dan internet, kendala sarana prasarana, dan kualifikasi serta penyebaran guru yang tidak merata, (2) Dengan keterbatasan sarana dan prasarana pendidikan, menjadikan guru di sekolah Kecamatan Batabual tidak menyiapkan RPP dan tidak sesuai RPP ketika mengajar, guru terjebak pada metode pembelajaran konvesional, dan masih terdapat kesenjangan gidital. Namun guru-guru di Kecamatan Batabual terus berupaya menciptakan strategi-strategi pembelajaran yang bervariatif, (3) Yang mendasari kendala pendidikan di Kecamatan Batabual adalah kebijakan yang masih bersifat sentralistik dan birokrasi yang kaku serta pengaruh kultur atau pemahaman orang tua akan pentingnya pendidikan masih kurang dan jarak antara sekolah dan tempat tinggal yang cukup jauh menjadikan keterhambatan pada pendidikan di sekolah Kecamatan Batabual.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Development of Teacher, 21st Century Learning Implementation, School 3T Area
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 04 May 2023 03:09
Last Modified: 04 May 2023 03:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77665

Actions (login required)

View Item View Item