Employability Skill Siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Brebes Selatan.

Sumarni, Titi and Sudira, Putu (2022) Employability Skill Siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Brebes Selatan. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-titi sumarni-18702251012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) aspek-aspek dan atribut employability skill perspektif siswa pada SMK Pusat Keunggulan di Kabupaten Brebes Selatan, (2) aspek-aspek dan atribut employability skill perspektif guru bersifat generik dan transferable yang dibutuhkan industri, (3) aspek-aspek dan atribut employability skill disesuaikan SKKNI dan SKL, (4) kerangka kerja employability skills yang perlu mendapat prioritas untuk dikembangkan komptensinya pada SMK di Kabupaten Brebes Selatan, dan (5) pencapaian SKL SMK di Kabupaten Brebes Selatan yang terintegrasi dengan kompetens employability skills yang relevan dengan dunia industri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Bumiayu dan SMK Ma’arif No 1 Paguyangan. Subjek penelitian meliputi 296 siswa kelas 11 dan 51 guru. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner dan melalui dokumen dan dianalisis menggunakan secara deskriptif kuantitatif . Berdasarkan hasil perhitungan terhadap 30 responden untuk instrumen employability skill semua butirnya dinyatakan valid karena r (korelasi product moment) setiap butirnya diatas nilai r tabel, sedangkan uji reliabilitas dengan Cronbach's Alpha hasilnya 0,974. Dengan demikian kategori nilai reliabilitas sangat tinggi karena alpha > 0.90. Sehingga kuesioner ini dikatakan sangat reliable. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Employability skill perspektif siswa pada SMK di kabupaten Brebes Selatan tergolong sangat tinggi, siswa mampu mengimplementasikan employability skill pada pengalaman belajarnya. (2) Employability skill perspektif guru pada SMK di kabupaten Brebes Selatan tergolong sangat tinggi, guru mampu mengimplementasikan employability skill pada pengalaman kerjanya. (3) Employability skill yang terintegrasi dengan SKKNI meliputi (a) mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa inforrmasi; (b) mengkomunikasikan ide-ide dan informasi; (c) merencanakan dan mengorganisir aktivitas-aktivitas; (d) bekerja dengan orang lain dankelompok; (e) menggunakan ide-ide dan teknik matematika; (f) memecahkanmasalah; (g) menggunakan tenologi. (4) Kerangka kerja employability skill yang mendapatkan prioritas meliputi applied knowledge, workplace skills, dan effectiverelationships. (5) Ketercapaian SKL rata-rata belum maksimal, hal ini dikarenakan sikap anak dan daya intelektual lemah. Siswa dan guru yang memiliki kemampuan employability yang baik diharapkan dapat menerapkannya kepada siswa- siswa yang lain sehingga berdampak pada meningkatnya kemampuan employability secara menyeluruh bagi siswa SMK. Implementasikan employability skill seharusnya ada pada setiap pembelajaran di SMK, sehingga ada intergrasi antara employability skill dengan pembelajaran. Employability skill bukan sekedar persiapan kerja saat perekrutan tetapi diimplemetasikan pada kegiatan belajar dan mengajar. Responden, dan pihak sekolah seharusnya mengartikan employability skill bukan sebagai pecahan namun sebagai satu kesatuan yang utuh diartikan sebagai performance yang utuh berupa physical skill dan mental skill.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: employability skill, siswa SMK
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 May 2023 07:24
Last Modified: 05 May 2023 07:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77663

Actions (login required)

View Item View Item