Efektivitas Masase Terapi Metode Ali Satia Graha terhadap Pemulihan Cedera Pergelangan Kaki Pada Gerak Inversi dan Eversi

Noviani, Winda (2023) Efektivitas Masase Terapi Metode Ali Satia Graha terhadap Pemulihan Cedera Pergelangan Kaki Pada Gerak Inversi dan Eversi. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_winda noviani_19603141027.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Cedera pergelangan kaki merupakan salah satu cedera yang banyak dijumpai, oleh karenanya perlu penanganan yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan masase terapi metode Ali Satia Graha terhadap pemulihan cedera pergelangan kaki khusunya nyeri dan range of movement (ROM) pada gerak inversi dan eversi. Metode penelitian ini merupakan Quasi Eksperiment dengan rancangan one group pretest-posttest design, yang dilakukan pada 12 Januari-13 Februari 2023 di pelayanan masase terapi cedera olahraga metode Ali Satia Graha Plaza UNY. Sampel dalam penelitian ini merupakan pasien cedera pergelangan kaki sebanyak 23 orang. Treatment yang digunakan dalam penelitian ini adalah masase terapi metode Ali Satia Graha selama 12 menit. Instrumen penelitian menggunakan Goniometer untuk mengukur ROM dan Numeric Rating Scale (NRS) untuk mengukur nyeri. Uji Paired Sample t-test dan Wilcoxon digunakan untuk menganalisis nyeri dan ROM yang telah dilakukan uji normalitas dengan Shapiro Wilk. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh (1) Pada gerak inversi, terjadi penurunan nyeri (P = 0,000) dengan tingkat keefektifan 44,69% dan pada peningkatan ROM (P = 0,000) dengan tingkat keefektivan 37,63%. (2) Pada gerak eversi, terjadi penurunan nyeri (P = 0,000) dengan tingkat keefektifan 54,26% dan peningkatan ROM (P = 0,000) dengan tingkat keefektivan 72%. Dapat ditarik kesimpulan bahwa masase terapi Metode Ali Satia Graha efektif dalam pemulihan cedera pergelangan kaki pada gerak inversi dan eversi yang ditandai dengan penurunan skala nyeri dan peningkatan Range of Movement (ROM).

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Ali Satia Graha, M.Kes., AIFO.
Uncontrolled Keywords: masase terapi, nyeri, Range of Motion
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 03 May 2023 07:15
Last Modified: 03 May 2023 07:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77653

Actions (login required)

View Item View Item