Efektivitas Masase Terapi Metode Ali Satia Graha Terhadap Peningkatan Range Of Motion dan Penurunan Nyeri Lutut pada Pra Lansia

Putri, Deva Maharani (2023) Efektivitas Masase Terapi Metode Ali Satia Graha Terhadap Peningkatan Range Of Motion dan Penurunan Nyeri Lutut pada Pra Lansia. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_deva maharani putri_19603141010.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas masase terapi metode Ali Satia Graha terhadap peningkatan Range Of Motion (ROM) dan penurunan nyeri lutut pada pra lansia. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental menggunakan desain penelitian One Grup Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien pra lansia cedera lutut di Pelayanan Masase Terapi Cedera Olahraga Metode Ali Satia Graha di Plaza UNY. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik insidental sampling ditentukan berdasarkan rumus slovin (nilai kritis 20%) sehingga diperoleh sampel sebanyak 17 orang. Data yang dikumpulkan adalah: (1) Skala Range Of Motion (ROM) sendi lutut yang diukur menggunakan goniometer. (2) skala nyeri sendi lutut yang diukur menggunakan Numeric Rating Scale (NRS). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan uji hipotesis menggunakan Wilcoxon Signed Rank Tes. Dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) masase terapi dapat mengurangi nyeri gerak fleksi sendi lutut dengan efektivitas sebesar 54,9%. (2) masase terapi dapat mengurangi nyeri gerak ekstensi sendi lutut dengan efektivitas sebesar 56,1%. (3) masase terapi dapat meningkatkan Range Of Motion (ROM) gerak fleksi sendi lutut dengan efektivitas sebesar 10,2%. (4) masase terapi dapat meningkatkan Range Of Motion (ROM) gerak ekstensi sendi lutut dengan efektivitas sebesar 48,8%. Jadi dapat disimpulkan bahwa terapi masase yang diterapkan di Pelayanan Masase Terapi Cedera Olahraga Metode Ali Satia Graha efektif untuk meningkatkan ROM dan mengurangi nyeri sendi lutut pada pra lansia.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Ali Satia Graha, M.Kes., AIFO.
Uncontrolled Keywords: masase terapi, ROM lutut, nyeri lutut
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 03 May 2023 07:01
Last Modified: 03 May 2023 07:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77651

Actions (login required)

View Item View Item