PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING SMA N 2 WONOSARI

Setyaningrum, Novi Indah (2022) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING SMA N 2 WONOSARI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext Novi Indah Setyaningrum.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model project based learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi dalam aspek pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 11 IPS 1 dan IPS 2 di SMA N 2 Wonosari. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu Teknik observasi, Teknik penyebaran kuesioner. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah teknik Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan rata-rata skor nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai kelas eksperimen 66,33 termasuk dalam kategori cukup efektif dengan nilai minimal 37,5% dan skor maksimal 95,5% dan kelas control 51,25.; (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa kelas eksperimen (IPS 1) dengan kelas kontrol (IPS 2). Berdasarkan tabel diatas juga diperoleh hasil bahwa nilai t hitungii> ttabel (6.108 > 0,361)termasuk dalam kategori kurang efektif dengan nilai minimal 33,1% dan nilai maksimal 70,9% yang artinya bahwa metode

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Motivasi Belajar, Pelajaran Geografi
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 May 2023 06:30
Last Modified: 03 May 2023 06:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77647

Actions (login required)

View Item View Item