PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK PENINGKATAN KETRAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MATA PELAJARAN BAHASA JERMAN SMA

Novianawati, Devi (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK PENINGKATAN KETRAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MATA PELAJARAN BAHASA JERMAN SMA. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
devi novianawati_19707251024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1). Menghasilkan e-modul yang dapat meningkatkan motivasi peserta didik terhadap mata pelajaran bahasa Jerman sebelum dan setelah menggunakan e-modul. 2). Mengetahui kelayakan penggunaan dan keefektifan e- modul bahasa Jerman sebagai salah satu sumber belajar pada kelas X Bahasa SMA N 1 Karanganom. 3). Mengetahui keefektifan e-modul yang dihasilkan dalam meningkatkan ketrampilan membaca Bahasa Jerman SMA. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Karanganom Klaten dengan subyek penelitian peserta didik kelas X Bahasa pada mata pelajaran Bahasa Jerman khususnya untuk ketrampilan membaca. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan ADDIE (Analiyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Prosedur dalam pendekatan itu adalah analisis kebutuhan peserta didik, desain pembelajaran, pengembangan dengan pembuatan prototype, dan implementasi. Pengembangan produk melalui dua uji coba yaitu uji coba alpha pada ahli materi dan media. Lalu dilakukan uji coba beta yang dilakukan terhadap peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : disimpulkan e-modul dapat meningkatkan motivasi peserta didik terhadap mata pelajaran bahasa Jerman setelah menggunakan e-modul, Peserta didik menjadi tertarik dan banyak bertanya mengenai penggunaan e-modul. Produk ini layak dan efektif karena dibuktikan dengan hasil pada siklus 1 dan siklus 2 yang mengalami peningkatan dari kriteria 2 menjadi kriteria 1 ketika diujicobakan pada 35 peserta didik. Pada hasil uji coba alpha oleh para ahli juga diperoleh hasil baik dan sangat baik. Hasil belajar peserta didik dilihat dari jawaban angket yang diisi oleh mereka dan hasil evaluasi pada e-modul yang telah disediakan. Pada angket diberikan pertanyaan mengenai kejelasan quiz yang diberikan, pada siklus 1 2 peserta didik menjawab cukup dan pada siklus 2 35 peserta didik menjawab beragam, yaitu belum baik (1), cukup(6), baik (25), sangat baik (3). Mayoritas peserta didik menjawab baik pada kejelasan soal evaluasi di e-modul. Pada hasil jawaban peserta didik pada siklus 1 masuk pada kriteria sangat baik dengan angka 7,5. Pada sillus 2 diperoleh hasil 8,4 atau masuk dalam kriteria 1 (sangat baik).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: E-Module, reading skill, Deutsch
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 May 2023 02:05
Last Modified: 03 May 2023 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77641

Actions (login required)

View Item View Item