Pengembangan Model Latihan Pembalikan EW’S Untuk Meningkatkan Prestasi Renang Gaya Ganti Perorangan di Perkumpulan Renang Kota Bengkulu

Wardianti, Elvira (2023) Pengembangan Model Latihan Pembalikan EW’S Untuk Meningkatkan Prestasi Renang Gaya Ganti Perorangan di Perkumpulan Renang Kota Bengkulu. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_elvira wardianti_19711251079.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui spesifikasi produk model latihan pembalikan Ew‟s untuk meningkatkan prestasi renang gaya ganti perorangan di Perkumpulan Renang Kota Bengkulu. (2) Menghasilkan produk pengembangan model latihan pembalikan Ew‟s untuk meningkatkan prestasi renang gaya ganti perorangan di Perkumpulan Renang Kota Bengkulu yang layak digunakan. (3) Mengetahui efektivitas produk pengembangan model latihan pembalikan Ew‟s untuk meningkatkan prestasi renang gaya ganti perorangan di Perkumpulan Renang Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Uji validasi instrumen dengan ahli materi dan ahli media. Uji coba skala kecil di Club Tirta Cempaka berjumlah 12 atlet, uji skala besar di Club Tirta Raflesia berjumlah 24 atlet, dan uji efektivitas di Ulma Swimming Club berjumlah 12 atlet. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Spesifikasi produk model latihan pembalikan Ew‟s untuk meningkatkan prestasi renang gaya ganti perorangan di Perkumpulan Renang Kota Bengkulu terdapat 10 model, yaitu 1) latihan guling depan, 2) latihan guling belakang, 3) latihan guling belakang 180 derajat, 4) latihan guling depan dengan dilempar bola, 5) latihan guling belakang dengan dilempar bola, 6) latihan guling belakang dengan melempar bola plastik di permukaan air, 7) latihan guling belakang dengan melempar bola plastik di permukaan air, 8) latihan guling depan tanpa menendang tembok, 9) latihan guling belakang tanpa menendang tembok, 10) latihan vertical dolphine. Produk dikemas dalam bentuk video dengan ukuran 416,5MB dan durasi 12,59 detik, (3) validasi draf awal dan revisi, (4) uji coba produk; uji coba skala kecil/revisi dan uji coba skala besar/revisi, (5) produk akhir, dan (6) Uji Efektivitas. (2) Berdasarkan hasil uji validasi ahli materi secara keseluruhan diperoleh 93,75% dinyatakan masuk dalam kategori sangat baik/sangat layak. Hasi uji validasi dari ahli media secara keseluruhan diperoleh 98,53% dianyatakan masuk dalam kategori sangat baik/sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa model latihan pembalikan Ew’s sangat baik/sangat layak digunakan. (3) Hasil analisisi t hitung tersebut diperoleh nilai thitung (7,506) > t tabel (1,78), disimpulkan model latihan pembalikan Ew’s memberikan pengaruh terhadap prestasi renang gaya ganti perorangandengan besarnya efektivitas adalah 14,04%.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. FX. Sugiyanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pengembangan, latihan pembalikan Ew’s, prestasi renang gaya ganti perorangan
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Apr 2023 08:18
Last Modified: 18 Apr 2023 08:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77582

Actions (login required)

View Item View Item