Pengaruh Ball Feeling Training dan Latihan Berpasangan Terhadap Akurasi Passing Bawah Permainan Bola Voli Pada Ekstrakurikuler di MAN 2 Banjarnegara

Abdullah, Nurul Huda (2023) Pengaruh Ball Feeling Training dan Latihan Berpasangan Terhadap Akurasi Passing Bawah Permainan Bola Voli Pada Ekstrakurikuler di MAN 2 Banjarnegara. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_nurul huda abdullah_19601241067.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ball feeling training dan latihan berpasangan terhadap akurasi passing bawah permainan bola voli pada peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bola voli di MAN 2 Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif metode eksperimen semu dengan desain “pre-experimental design”. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler bola voli di MAN 2 Banjarnegara yang berjumlah 28 peserta yang ditentukan melalui purposive sampling. Instrumen penelitian tes akurasi passing bawah menggunakan instrumen Brumbach Forearms Pass Wall Volley Test dengan koefisien validitas 0,80 dan reliabilitas sebesar 0,896. Teknik analisis data yaitu menggunakan uji t dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan ball feeling training dan latihan berpasangan terhadap akurasi passing bawah permainan bola voli pada ekstrakurikuler di MAN 2 Banjarnegara. Diperoleh nilai rerata 51,214 sebelum diberikan perlakuan ball feeling training dan nilai rerata meningkat menjadi 56,143 setelah diberikan perlakuan ball feeling training. Diperoleh nilai rerata 50.893 sebelum diberikan perlakuan latihan berpasangan dan nilai rerata meningkat menjadi 55.893 setelah diberikan perlakuan latihan berpasangan. (2) tidak ada perbedaan yang signifikan antara ball feeling training dan latihan berpasangan, dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,948 > 0,05. Akan tetapi, latihan berpasangan lebih baik daripada ball feeling training terhadap akurasi passing bawah permainan bola voli pada ekstrakurikuler di MAN 2 Banjarnegara dengan nilai rerata kenaikan ball feeling traning sebesar 4,929 dan nilai rerata kenaikan latihan berpasangan sebesar 5,000, memiliki selisih sebesar 0,071.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Sujarwo, M.Or.
Uncontrolled Keywords: ball feeling training, latihan berpasangan, passing bawah, akurasi
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Apr 2023 08:07
Last Modified: 18 Apr 2023 08:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77580

Actions (login required)

View Item View Item