Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Untuk Mengembangkan Pengetahuan dan Pemahaman Taekwondo Siswa Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII

Pambudi, Delano Wisnu Ari (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Untuk Mengembangkan Pengetahuan dan Pemahaman Taekwondo Siswa Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_delano wisnu ari pambudi_21633251048.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan konstruksi media pembelajaran berbasis website untuk mengembangkan pengetahuan dan pemahaman Taekwondo siswa sekolah menengah pertama kelas VIII, menghasilkan media pembelajaran berbasis website untuk mengembangkan pengetahuan dan pemahaman Taekwondo siswa sekolah menengah pertama kelas VIII yang layak digunakan untuk mengembangkan pengetahuan dan pemahaman Taekwondo siswa sekolah menengah pertama kelas VIII, dan menguji keefektifan media pembelajaran berbasis website untuk mengembangkan pengetahuan dan pemahaman Taekwondo siswa sekolah menengah pertama kelas VIII. Pengembangan produk menggunakan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Maribe Brach yang terdiri dari lima tahapan yaitu: analysis, design, develop, implement, dan evaluation. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan tes. Instrumen pengumpulan data yaitu pedoman wawancara guru dan siswa, kuesioner studi pendahuluan guru dan siswa, kuesioner validasi ahli, kuesioner uji kelayakan untuk respon guru dan siswa, instrumen uji keefektifan adalah tes pengetahuan dan pemahaman Taekwondo. Validasi melibatkan dua ahli instrumen, satu ahli materi, dan satu ahli media. Subjek penelitian melibatkan 32 siswa pada kelompok kecil dan uji coba kelompok besar sebanyak 250 siswa dan guru sebanyak tiga orang untuk menguji kelayakan produk. Uji efektifitas melibatkan 64 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah ujit. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran berbasis website untuk mengembangkan pengetahuan dan pemahaman Taekwondo siswa sekolah menengah pertama kelas VIII. Media pembelajaran berbasis website untuk mengembangkan pengetahuan dan pemahaman Taekwondo siswa sekolah menengah pertama kelas VIII sangat layak menurut para ahli media dan ahli materi, guru, dan siswa. Media pembelajaran berbasis website untuk mengembangkan pengetahuan dan pemahaman Taekwondo siswa sekolah menengah pertama kelas VIII efektif dalam mengembangkan pengetahuan dan pemahaman Taekwondo siswa sekolah menengah pertama kelas VIII berdasarkan hasil uji-t dengan taraf signifikansi 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Sugeng Purwanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: website, media pembelajaran, pengembangan, taekwondo, pengetahuan, pemahaman
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Apr 2023 08:01
Last Modified: 18 Apr 2023 08:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77579

Actions (login required)

View Item View Item