Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Senam Lantai Meroda Untuk Meningkatkan Pemahaman dan Keterampilan Siswa Sekolah Dasar Kelas VI

Pratiwi, Aprilia Dwi Nur (2023) Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Senam Lantai Meroda Untuk Meningkatkan Pemahaman dan Keterampilan Siswa Sekolah Dasar Kelas VI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_aprilia dwi nur pratiwi_18604221014.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman dan keterampilan kelas VI dalam pembelajaran senam lantai meroda, menggunakan media pembelajaran audio visual di SD N 1 Lembar Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VI SD N 1 Lembar Selatan, yang berjumlah 70 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, pada siklus I diperoleh hasil untuk nilai pemahaman memiliki rata-rata 80,29 dengan rata-rata peningkatan (gain) 0,31 dalam kategori peningkatan sedang. Hasil nilai keterampilan memiliki rata-rata 72,94, dengan rata-rata peningkatan (gain) 0,31 dalam kategori peningkatan sedang. Sedangkan hasil pada siklus II untuk nilai rata-rata pemahaman 93,29, dengan rata-rata peningkatan (gain) 0,81 termasuk dalam peningkatan tinggi. Hasil nilai rata-rata keterampilan 95,00, dengan rata-rata peningkatan (gain) 0,88 dalam kategori peningkatan tinggi. Berdasarkan hasil penelitian PTK tersebut, bahwa menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD N 1 Lembar Selatan dalam pembelajaran senam lantai meroda.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Soni Nopembri, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: senam lantai meroda, media audio visual
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Apr 2023 07:48
Last Modified: 18 Apr 2023 07:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77578

Actions (login required)

View Item View Item