Pengaruh Marketing Mix, Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Fitness Center di Daerah Istimewa Yogyakarta

Martono, Martono (2023) Pengaruh Marketing Mix, Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Fitness Center di Daerah Istimewa Yogyakarta. S3 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_martono_20708261002.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Fitness Center di Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan sarana olahraga dan tempat kebugaran yang disewakan untuk umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Marketing Mix, Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Fitness Center di Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah Pelanggan di Fitness Center Daerah Istimewa Yogyakarta, baik laki-laki maupun perempuan. Penelitian ini menggunakan sampel berukuran 330 responden. Pengambilan sampel menggunakan metode Purposive sampling. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah survei dengan menggunakan instrumen angket. Objek penelitian ini berupa marketing mix, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, dan loyalitas pelanggan Fitness Center di Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Structural Equation Model (SEM) menggunakan Software AMOS 22. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif yang digunakan adalah uji asumsi Structural Equation Model (SEM) untuk menganalisa pengaruh beberapa variabel terhadap variabel lain secara simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis yang dirumuskan dalam penelitian ini yang terdiri atas 7 hipotesis dan semua terbukti berpengaruh. Adapun hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa marketing mix berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan fitness center, Kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan fitness center, Marketing mix berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, Kualitas layanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, Kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan fitness center, Marketing mix berpengaruh terhadap loyalitas melalui kepuasan pelanggan fitness center dan Kepuasan pelanggan dan kualitas layanan berpengaruh terhadap loyalitas melalui kepuasan pelanggan fitness center. Hasil penelitian tersebut dapat dibuktikan dengan nilai probabilitas (P values) kurang atau sama dari a=5% atau 0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian terbukti diterima/didukung secara signifikan oleh data penelitian ini berdasarkan analisis data Structural Equation Model (SEM) menggunakan Aplikasi Software AMOS 22.

Item Type: Thesis (S3)
Additional Information: Promotor: Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed. Kopromotor: Dr. Sigit Nugroho, M.Or.
Uncontrolled Keywords: marketing mix, kualitas pelayanan, kepuasan, loyalitas, fitness center
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Apr 2023 07:37
Last Modified: 19 May 2023 08:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77577

Actions (login required)

View Item View Item