Pengembangan Model Latihan Berbasis Permainan untuk Meningkatkan Keseimbangan, Konsentrasi, Daya Tahan Otot Lengan, dan Akurasi pada Atlet Panahan

Yacshie, Betrix Teofa Perkasa Wibafied Billy (2023) Pengembangan Model Latihan Berbasis Permainan untuk Meningkatkan Keseimbangan, Konsentrasi, Daya Tahan Otot Lengan, dan Akurasi pada Atlet Panahan. S3 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_betrix teofa perkasa wibafiet billy yacs_20608261001.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan model latihan berbasis permainan untuk meningkatkan keseimbangan, konsentrasi, daya tahan otot lengan, dan akurasi pada atlet panahan. (2) Mengkaji kelayakan model latihan berbasis permainan untuk meningkatkan keseimbangan, konsentrasi, daya tahan otot lengan, dan akurasi pada atlet panahan. (3) Mengkaji model latihan yang efektif untuk meningkatkan keseimbangan, konsentrasi, daya tahan otot lengan, dan akurasi pada atlet panahan. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development). langkah-langkah pengembangan menggunakan desain ADDIE yaitu tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Validator yaitu dilakukan pada ahli materi 3 orang, ahli media 3 orang. Uji coba skala kecil di klub panahan Bawor Archery dengan pelatih berjumlah 3 orang dan atlet 10 orang, uji coba skala besar yaitu di klub Perpani Banyumas dan FAST Archery Banyumas dengan pelatih yang berjumlah 8 orang dan 20 atlet. Uji efektivitas di klub panahan MAFAZA Archery Banyumas dan Banyumas Archery School dengan atlet yang berjumlah 30 atlet. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: wawancara dan angket. Instrumen uji efektivitas untuk mengukur keseimbangan yaitu Stork Stand Test, tes konsentrasi menggunakan Grid Concentration Test, mengukur daya tahan otot lengan yaitu Holding Bow Digitec Test, Tes akurasi memanah yaitu dengan memanah jarak 30 meter. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan model latihan berbasis permainan untuk meningkatkan keseimbangan, konsentrasi, daya tahan otot lengan, dan akurasi pada atlet panahan menggunakan metode ADDIE. Model permainan terdiri atas 6 pos, Pos 1 terdiri atas walking with heels, walking tables, releasing arrows, Pos 2; climbing the block, walking bow, releasing arrows, Pos 3; toe walk, walking bottles, releasing arrows, Pos 4; bosu ball, bench push up, releasing arrows, Pos 5; ankle zig-zag, take a walk holahop, releasing arrows, Pos 6; marble ankle, lifting bench body, releasing arrows. (2) Model latihan berbasis permainan untuk meningkatkan keseimbangan, konsentrasi, daya tahan otot lengan, dan akurasi pada atlet panahan yang dikembangkan layak. Berdasarkan penilaian ahli materi sebesar 88,33% (layak), penilaian ahli media sebesar 86,94% (layak). Penilaian pelatih pada uji coba skala kecil sebesar 86,11% (layak) dan penilaian atlet 84,63% (layak). Penilaian pelatih pada uji coba skala besar sebesar 86,11% (layak) dan penilaian atlet 85,63% (layak). (3) Model permainan efektif terhadap peningkatan keseimbangan, konsentrasi, daya tahan otot lengan, dan akurasi pada atlet panahan, dengan nilai p<0,05.

Item Type: Thesis (S3)
Additional Information: Promotor: Prof. Dr. Suharjana, M.Kes. Kopromotor: Dr. Ali Satia Graha, M.Kes
Uncontrolled Keywords: model permainan, keseimbangan, konsentrasi, daya tahan otot lengan, akurasi
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 18 Apr 2023 07:19
Last Modified: 18 Apr 2023 07:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77576

Actions (login required)

View Item View Item