Pengembangan Model Latihan Fisik Periode Persiapan Khusus Untuk Meningkatkan Power, Kelincahan, dan Daya Tahan Pada Karateka Kumite Senior

Yudhistira, Dewangga (2023) Pengembangan Model Latihan Fisik Periode Persiapan Khusus Untuk Meningkatkan Power, Kelincahan, dan Daya Tahan Pada Karateka Kumite Senior. S3 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_dewangga yudhistira_20608261004.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menyusun desain model latihan fisik, (2) mengetahui kelayakan isi model latihan fisik, (3) mengetahui kepraktisan model latihan fisik, (4) mengetahui kepraktisan buku panduan latihan fisik, (5) mengetahui efektivitas model latihan fisik yang tersusun untuk meningkatkan power, kelincahan dan daya tahan pada karateka kumite senior. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan pendekatan analyze, design, develop, implement, evaluate (ADDIE). Langkah-langkah pengembangan sebagai berikut: (1) studi pendahuluan, (2) desain model, (3) validasi instrumen dan revisi, validasi model dan revisi, (4) uji coba terbatas dan revisi, uji coba luas dan revisi, (5) uji efektivitas dengan eksperimen. Uji coba terbatas dilakukan pada 1 pelatih dan 20 atlet, uji coba luas dilakukan pada 4 pelatih dan 54 atlet. Sampel uji efektivitas atlet karate berjumlah 15. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik delphi, wawancara dan kuesioner. Instrumen penelitian adalah kuesioner, tes standing broad jump, Rast, two hand medicine ball put, agility t-test. Teknik analisis data menggunakan rumus Aiken, persentase, deskriptif data, dan uji nonparamterics friedman dibantu dengan aplikasi SPSS 23 dan excel. Hasil penelitian didapatkan: (1) tersusun model latihan fisik periode persiapan khusus berjumlah 12 item beserta program latihan, (2) berdasarkan penilaian lima ahli materi terkait 12 model telah ditemukan nilai Aiken V 0.95-1.00, (3) berdasarkan penilaian uji skala terbatas diperoleh nilai persentase 91.31% untuk atlet, dan 83.33% untuk pelatih, (4) berdasarkan penilaian uji skala luas diperoleh nilai persentase 90.13% untuk atlet, dan 88.82% untuk pelatih, (5) berdasarkan penilaian ahli media diperoleh nilai persentase 78.46%. Hasil uji efektivitas dengan analisis friedman diperoleh nilai asymp.sig 0.000 sampai 0.003 < 0.05. Kesimpulan, bahwa model dapat dikatakan layak berdasarkan ahli materi. Model dikatakan praktis berdasarkan atlet dan pelatih. Buku panduan dapat dikatakan praktis berdasarkan ahli media, kemudian 12 model yang dikembangkan dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap power tungkai, dan lengan, kelincahan, dan daya tahan karateka kumite senior.

Item Type: Thesis (S3)
Additional Information: Promotor: Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed. Kopromotor: Dr. Devi Tirtawirya, M.Or.
Uncontrolled Keywords: model latihan fisik persiapan khusus, karateka kumite senior, power, kelincahan, daya tahan
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Apr 2023 06:44
Last Modified: 17 Apr 2023 06:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77561

Actions (login required)

View Item View Item