PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE SQ3R PADA SISWA KELAS IV SHAFA SD ISLAM AL-USWAH

Nisa, Hanifah Khairun (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE SQ3R PADA SISWA KELAS IV SHAFA SD ISLAM AL-USWAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Hanifah Khairun Nisa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode SQ3R pada keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV Shafa SD Islam Al- Uswah, (2) Untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan metode SQ3R pada siswa kelas IV Shafa SD Islam Al-Uswah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua hingga tiga pertemuan, dan setiap pertemuan terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Shafa SD Islam Al-Uswah yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data terdiri nontes, dan tes. Teknik nontes terdiri dari observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Analisis data deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan data hasil kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran dan analisis data deskriptif kuantitatif untuk menghitung skor observasi kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran dan dijabarkan dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode SQ3R dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV Shafa SD Islam AL- Uswah dari segi proses maupun hasil, antara lain: 1) langkah-langkah penerapan metode SQ3R, yaitu: mengajak siswa untuk melihat daftar isi judul cerita bacaan dalam buku bacaan (survey), memilih judul yang menarik perhatian siswa. Siswa membuat pertanyaan tentang judul yang dipilih (question). Siswa membaca judul cerita dari awal hingga akhir cerita (read). Siswa menjawab pertanyaan yang telah dibuat sesuai isi cerita (recite). Siswa membaca kembali cerita yang dibaca untuk memastikan jawaban tersebut benar (review). 2) tingkat keberhasilan dalam peningkatan keterampilan membaca pemahaman dibuktikan melalui nilai rata-rata tes pratindakan (pretest) sebesar 56,81. Setelah dilakukan pembelajaran pada siklus 1 dilakukan tes pemahaman 1 meningkat menjadi 68 pada pembelajaran siklus 2 meningkat menjadi 76,59. 3) kendala penerapan metode SQ3R, yaitu: a) siswa memilih buku bacaan yang sama dengan teman, b) siswa malas membaca satu judul cerita. Solusi dari kendala tersebut yaitu: a) guru mempersiapkan buku bacaan yang berbeda sesuai dengan jumlah siswa, b) guru mengadakan lomba bercerita untuk meningkatkan motivasi siswa. Kata kunci: membaca pemahaman, metode SQ3R.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Apr 2023 03:44
Last Modified: 17 Apr 2023 03:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77553

Actions (login required)

View Item View Item