Hubungan antara Kecemasan dan Motivasi Dengan Hasil Belajar Pembelajaran Renang Peserta Didik Kelas XI di SMA N 1 Wates

Hadi, Arfan Julistya (2023) Hubungan antara Kecemasan dan Motivasi Dengan Hasil Belajar Pembelajaran Renang Peserta Didik Kelas XI di SMA N 1 Wates. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_arfan julistya hadi_19601241072.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara kecemasan dengan hasil belajar pembelajaran renang. (2) hubungan antara motivasi dengan hasil belajar pembelajaran renang. (3) hubungan antara kecemasan dan motivasi dengan hasil belajar pembelajaran renang peserta didik kelas XI di SMA N 1 Wates tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI SMA N 1 Wates yang berjumlah 252 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling berdasarkan rumus Slovin dengan toleransi kesalahan 5% diambil sampel sejumlah 161 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode survey angket/kuesioner. Instrumen untuk mengukur kecemasan dan motivasi peserta didik dalam pembelajaran renang menggunakan kuesioner dan hasil belajar menggunakan dokumen nilai dari pendidik pada materi pembelajaran renang. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi Spearman’s rho dan konkordansi Kendall W. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan serta arah hubungan negatif antara kecemasan dengan hasil belajar pembelajaran renang dimana diperoleh nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dan hasil koefisien korelasi sebesar - 0,513. (2) terdapat hubungan yang signifikan serta arah hubungan positif antara motivasi dengan hasil belajar pembelajaran renang dimana diperoleh nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dan hasil koefisien korelasi sebesar 0,479. (3) terdapat hubungan yang signifikan dengan arah hubungan positif antara kecemasan dan motivasi dimana diperoleh hasil belajar pembelajaran renang dengan nilai Asymp. Sig. 0,00 < 0,05 dan nilai koefisien sebesar 0,369.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Komarudin, M.A.
Uncontrolled Keywords: kecemasan, motivasi, hasil belajar pembelajaran renang
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Apr 2023 03:41
Last Modified: 17 Apr 2023 03:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77552

Actions (login required)

View Item View Item