Hatmojo, Yuwono Indro and Soenarto, Soenarto (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Praktik Berorientasi Green Jobs Di Sekolah Menengah Kejuruan. S3 thesis, Program Pascasarjana.
Text
disertasi-yuwono indro hatmojo-14702269008.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan: (1) identifikasi jenis kompetensi apa saja yang dibutuhkan pada jenis pekerjaan berorientasi green jobs yang ada di industri pada program keahlian ketenagalistrikan, (2) model pembelajaran praktik bagi siswa SMK program keahlian ketenagalistrikan berdasarkan kompetensi yang dibutuhkan pada jenis pekerjaan berorientasi green jobs, (3) perangkat pembelajaran bagi siswa SMK program keahlian ketenagalistrikan berdasarkan kompetensi yang dibutuhkan pada jenis pekerjaan berorientasi green jobs, (4) model pembelajaran praktik bagi siswa SMK program keahlian ketenagalistrikan berdasarkan kompetensi yang dibutuhkan pada jenis pekerjaan berorientasi green jobs yang layak, (5) perangkat pembelajaran bagi siswa SMK program keahlian ketenagalistrikan berdasarkan kompetensi yang dibutuhkan pada jenis pekerjaan berorientasi green jobs yang layak, dan (6) model dan perangkat pembelajaran bagi siswa SMK program keahlian ketenagalistrikan berdasarkan kompetensi yang dibutuhkan pada jenis pekerjaan berorientasi green jobs yang baik berdasarkan tanggapan dan respon dari calon pengguna (guru dan siswa). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model research and development bidang pendidikan dari Plomp. Prosedur dan tahapan yang dilakukan terdiri dari kegiatan pra-pengembangan terdiri dari tahapan (1) investigasi awal, (2) desain, dan (3) realisasi dan (4) kegiatan pengembangan yaitu tes, evaluasi dan revisi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI pada program keahlian ketenagalistrikan bidang keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik, di SMK Negeri 1 Pleret Bantul, dan SMK N 2 Pengasih Kulonprogo. Data yang dikumpulkan menggunakan angket. Data yang didapatkan kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Menghasilkan jenis kompetensi yang dibutuhkan pada pekerjaan berorientasi green jobs, (2) Menghasilkan model pembelajaran praktik yang berorientasi green jobs, (3) Menghasilkan produk perangkat pembelajaran jobsheet, (4) Kelayakan model pembelajaran yang dihasilan adalah 94% menurut ahli, dan 95,54% menurut guru yang kesemuannya masuk kategori sangat layak, (5) Kelayakan perangkat pembelajaran jobsheet yang dihasilkan adalah 97% untuk ahli media dan 99% media oleh guru, serta ahli materi 86% dan 99,55% metri oleh guru, kesemuanya termasuk kategori sangat layak, dan (6) Respon pengguna terhadap model mendapatkan nilai 92,71% menurut guru dan termasuk kategori sangat baik. Respon terhadap perangkat pembelajaran jobsheet mendapatkan nilai 92,71% dari guru dan 88,99% dari siswa, yang kesemuanya termasuk kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran praktik, green jobs, Sekolah Menengah Kejuruan |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 04 May 2023 02:08 |
Last Modified: | 04 May 2023 02:08 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77551 |
Actions (login required)
View Item |