Hubungan Antara Ketersediaan Sarana dan Prasarana Dengan Hasil Belajar Pembelajaran PJOK Peserta Didik SMP Negeri 2 Yogyakarta

Rizki, Muhammad Nauval (2023) Hubungan Antara Ketersediaan Sarana dan Prasarana Dengan Hasil Belajar Pembelajaran PJOK Peserta Didik SMP Negeri 2 Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_muhammad nauval rizki_19601241131.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara ketersediaan sarana dan prasarana dengan hasil belajar pembelajaran PJOK peserta didik SMP Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik SMP Negeri 2 Yogyakarta yang berjumlah 680 peserta didik. Sampel penelitian sebanyak 252 peserta didik ditentukan dengan rumus Slovin serta pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data ketersediaan sarana dan prasarana dilakukan dengan kuesioner sedangkan hasil belajar menggunakan nilai rapor. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan pengujian hipotesis menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan nilai r hitung 0,203 > r tabel (df 252;5%) 0,123 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara ketersediaan sarana dan prasarana dengan hasil belajar pembelajaran PJOK peserta didik SMP Negeri 2 Yogyakarta dengan koefisien tingkat hubungan rendah senilai 0,203. Hasil tersebut menunjukkan bahwa apabila sarana dan prasarana semakin baik atau terpenuhi, maka dimungkinkan hasil belajar pembelajaran PJOK juga akan semakin baik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Saryono. M.Or.
Uncontrolled Keywords: sarana prasarana, hasil belajar, pendidikan jasmani
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Apr 2023 03:26
Last Modified: 17 Apr 2023 03:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77549

Actions (login required)

View Item View Item