Kemampuan Gerak Dasar Manipulatif Menendang Bola Untuk Peserta Didik Kelas V di SD Segugus II Kapanewon Kasihan Kabupaten Bantul

Apriliani, Hanifa (2023) Kemampuan Gerak Dasar Manipulatif Menendang Bola Untuk Peserta Didik Kelas V di SD Segugus II Kapanewon Kasihan Kabupaten Bantul. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_hanifa apriliani_19604221020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan gerak dasar manipulatif menendang bola peserta didik kelas V di SD Negeri se Gugus II Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan datanya menggunakan tes dan pengukuran. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri se Gugus II Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul yang berjumlah 52 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes yaitu short passed yang diakukan oleh Fauzi, dengan koefisien validitas sebesar 0,66 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,67. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase yang mengacu pada norma penilaian dari Fauzi,(2009: 22), yang terbagi dalam 5 kategori, yaitu kategori baik sekali, baik, sedang, kurang dan kurang sekali. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan gerak dasar manipulatif menendang bola untuk peserta didik kelas V di SD Negeri se Gugus II Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul sebagian besar adalah sedang. Secara rinci, sebanyak 1 responden (1,92%) memperoleh kategori baik sekali, sebanyak 6 responden (11,54%) memperoleh kategori baik, sebanyak 22 responden (42,31%) memperoleh kategori sedang, sebanyak 18 responden (34,62%) memperoleh kategori kurang, dan sebanyak 5 responden (9,62%) memperoleh kategori kurang sekali. Frekuensi terbanyak terletak pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Nurhadi Santoso, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kemampuan, gerak manipulatif, menendang bola
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 24 May 2023 02:08
Last Modified: 24 May 2023 02:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77518

Actions (login required)

View Item View Item