Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Permainan Sepak Bola Untuk Meningkatkan Pengetahuan Kelas V di SD Negeri Mangunan

Riyanti, Tutik Emi (2023) Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Permainan Sepak Bola Untuk Meningkatkan Pengetahuan Kelas V di SD Negeri Mangunan. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_tutik emi riyanti_19604221026.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya efektivitas penggunaan media audio visual dalam pembelajaran permainan sepak bola untuk meningkatkan pengetahuan siswa kelas V di SD Negeri Mangunan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif Pre-Eksperimen dengan jenis desain one grup pretest and posttest desain. Populasi dan sampel menggunakan total sampling yakni peserta didik kelas V SD Negeri Mangunan yang berjumlah 7 orang. Instrumen yang digunakan yaitu berupa tes dengan teknik pengumpulan data dengan tes awal (pretest), perlakuan (treatment), tes akhir (posttest). Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kemudian uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa hasil pretest rata-rata nilai 77,14 dengan presentase tergolong tinggi yakni 57,14% sedangkan hasil posttest rata-rata nilai 92,14 dengan kategori sangat tinggi yakni 71,43% maka dapat dilihat bahwa nilai pretest meningkat 15% dari nilai posttest atau nilai posttest lebih besar dari nilai pretest. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya efektivitas penggunaan media audio visual dalam meningkatkan pengetahuan pembelajaran permainan sepak bola kelas V di SD Negeri Mangunan.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Nurhadi Santoso, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: media audio visual, pengetahuan, permainan sepak bola
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Apr 2023 07:18
Last Modified: 13 Apr 2023 07:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77507

Actions (login required)

View Item View Item