Pengaruh Latihan Animals Name dan Wall Shoot Terhadap Ketepatan Shooting Free Throw Ditinjau Dari Koordinasi Mata Tangan Mahasiswa STKIP Modern

Munir, Ali (2023) Pengaruh Latihan Animals Name dan Wall Shoot Terhadap Ketepatan Shooting Free Throw Ditinjau Dari Koordinasi Mata Tangan Mahasiswa STKIP Modern. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_ali munir_21611251072.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Model latihan animals name dan wall shoot merupakan dua model yang dapat digunakan oleh tenaga pendidik dalam proses pembelajaran berbagai teknik dasar dalam cabang olahraga khususnya bola basket. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh antara latihan animals name dan wall shoot terhadap ketepatan teknik shooting free throw; (2) perbedaan pengaruh antara mahasiswa yang memiliki koordinasi mata tangan tinggi dan rendah terhdap ketepatan shooting free throw; (3) interaksi antara latihan animals name dan wall shoot serta koordinasi mata tangan tinggi dan rendah terhadap ketepatan shooting free throw mahasiswa STKIP Modern. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa STKIP Modern Ngawi yang berjumlah 38 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang yang kemudian dilakukan secara ordinal pairing untuk membagi setiap kelompoknya. Instrumen yang digunakan yaitu untuk mengukur ketepatan shooting free throw yaitu drill shoot free throw, sedangkan koordinasi mata tangan menggunakan one-pint image. Teknik analisis data yang digunakan yaitu ANOVA two way. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan animals name dan wall shoot terhadap ketepatan shooting free throw, yang dibuktikan dengan hasil analisis Fhitung sebesar 6,741 dengan nilai sig. sebesar 0,001, dimana mahasiswa yang dilatih menggunakan metode latihan animals name lebih tinggi (baik) dibandingkan dengan latihan wall shoot. (2) ada perbedaan pengaruh yang signifikan pada kemampuan sistem koordinasi mata tangan pada komponen ketepatan shooting free throw, yang dibuktikan dengan hasil nilai Fhitung sebesar 32,463 dengan nilai sig. sebesar 0,000, dimana mahasiswa dengan koordinasi mata tangan tinggi lebih tinggi (baik) dibandingkan dengan mahasiswa dengan koordinasi mata tangan rendah. (3) ada interaksi yang signifikan antara latihan animals name dan wall shoot terhadap ketepatan shooting free throw, yang dibuktikan dengan hasil nilai Fhitung 2,294 dengan nilai sig. 0,003, sehingga dari hasil tersebut diketahui bahwasannya ada interaksi antara latihan animals name dengan koordinasi mata tangan tinggi akan dapat menghasilkan ketepatan shooting free throw dalam permainan bola basket yang lebih baik.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Ahmad Nasrulloh, M.Or.
Uncontrolled Keywords: animals name, wall shoot, ketepatan, koordinasi mata tangan, shooting, free throw
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Apr 2023 06:43
Last Modified: 13 Apr 2023 06:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77503

Actions (login required)

View Item View Item