Novianti, Andrea Vicky and Istiyono, Edi (2023) Pengembangan Instrumen Penilaian Literasi Membaca dan Literasi Numerasi Mata Pelajaran Fisika Berbasis Online. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
tesis-andrea vicky novianti-18701251032.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan instrumen penilaian literasi membaca dan literasi numerasi mata pelajaran Fisika peserta didik kelas X SMA berbasis online dengan konstruksi yang baik, (2) mendeskripsikan kualitas instrumen yang dikembangkan, (3) mendeskripsikan profil kemampuan literasi membaca dan literasi numerasi mata pelajaran Fisika yang berhasil dipotret menggunakan instrumen yang dikembangkan, dan (4) mendeskripsikan efektifitas instrumen yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan research development. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian dilaksanakan di daerah selatan Kabupaten Wonogiri dengan 139 subjek uji coba terbatas dan 371 subjek uji coba skala luas. Teknik analisis data diantaranya, yaitu (1) Konstruk instrumen hasil kajian terhadap konstruk literasi membaca dan literasi numerasi sesuai aturan Pusmenjar (2) Kualitas instrumen dilihat dari validitas isi secara kualitatif melalui proses expert judgement dan dikuantifikasi dengan Formula Aiken, validitas konstruk dibuktikan dengan Exploratory Factor Analysis sedangkan relibilitas dianalisis dengan Alpha Cronbach, keduanya dianalisis dengan bantuan program SPSS (3) Karakteristik instrumen berupa tingkat kesukaran butir dan kemampuan peserta didik diestimasi menggunakan pendekatan Item Response Theory (IRT) model Rasch/PCM dengan bantuan program Quest, (4) Efektifitas instrumen literasi membaca dan literasi numerasi berbasis online dianalisis berdasarkan hasil respon peserta didik terhadap angket. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Konstruksi instrumen penilaian literasi membaca dan literasi numerasi mencakup konten, konteks dan level kognitif serta cakupan materi Fisika kelas X SMA disajikan dalam bentuk online, (2) Kualitas instrumen penilaian ditinjau dari (a) nilai Aiken’s V kategori valid; (b) nilai Alpha Cronbach kategori sufficient reliability; (c) item fit model Rasch/PCM terbukti 33 dari 39 butir fit dengan model; dan (d) tingkat kesukaran butir pada rentang -2.81 sampai 2.95 untuk butir literasi membaca dan -0.74 sampai 2.20 untuk butir literasi numerasi, (3) Potret kemampuan peserta didik berdasarkan instrumen penilaian 65.23% berkemampuan tahap dasar literasi membaca dan 72.77% berkemampuan tahap dasar literasai numerasi, (4) Perangkat instrumen terbukti cukup efektif mengukur kemampuan literasi membaca dan literasi numerasi.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | instrumen penilaian, literasi membaca, literasi numerasi, Item Response Theory (IRT) |
| Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
| Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
| Date Deposited: | 04 May 2023 02:33 |
| Last Modified: | 04 May 2023 02:33 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77500 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
