Evaluasi Sarana dan Prasarana Olahraga Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMA Se-Kecamatan Polewali

Putri, Sri Megawati (2023) Evaluasi Sarana dan Prasarana Olahraga Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMA Se-Kecamatan Polewali. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_sri megawati putri_21633251015.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil evaluasi context, input, process, product (CIPP) Evaluasi Sarana Dan Prasarana Olahraga Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMA se-Kecamatan Polewali. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif (mixed method). Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Pendidikan Jasmani, waka sarpras dan peserta didik di SMA se-Kecamatan Polewali. Teknik sampling menggunakan purposive sampling, dengan kriteria yaitu: peneliti mengambil 1 guru PJOK, 1 orang Kepala Sekolah, 1 orang waka sapras dan pesertas didik di SMA se-Kecamatan Polewali yang bersedia menjadi sampel dan mengisi kuesioner dari peneliti. Sampel dalam penelitian ini adalah kepala sekolah 4 orang, guru Pendidikan Jasmani 4 orang, waka sarpras 4 dan peserta didik 40 orang. Instrumen penelitian menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan teknik persentase, sedangkan data kualitatif dilakukan melalui penyajian data, reduksi, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi sarana dan prasarana olahraga terhadap pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMA se-Kecamatan Polewali.hasilnya pada kategori kurang. Selanjutnya dijelaskan masing-masing aspek evaluasi yaitu. (1) Context evaluasi pada keategori baik. Indikator tiap aspeknya kurikulum dengan hasil 2,71 pada kategori baik, tujuan pendidikan secara umum dengan hasil 2,38 pada kategori kurang, tujuan Pendidikan Jasmani dengan hasil 2,50 pada kategori baik, maka dari ketiga aspek indikator dalam konteks hasilnya 2,53 pada kategori baik. (2) Input evaluasi pada kategori kurang. Indikator tiap aspeknya kondisi peserta didik dengan hasil 2,54 pada kategori baik, anggaran sarpras Pendidikan Jasmani dengan hasil 2,42 pada kategori kurang, prosedur pengadaan barang dengan hasil 2,42 pada kategori kurang, maka dari ketiga aspek indikatornya dalam input hasilnya sebesar 2,46 pada kategori kurang. (3) Process evaluasi pada kategori kurang. Indikator tiap aspeknya pelaksanaan kegiatan pembelajaran Pendidikan Jasmani dengan hasil 2,49 pada kategori kurang, pengelolaan sarana dan prasarana sebesar 2,48 pada kategori kurang, maka dari kedua aspek indikatornya dalam proses hasilnya sebesar 2,48 pada kategori kurang. (4) Product evaluasi pada kategori kurang. Indikator tiap aspeknya kesesuaian sarpras terhadap kebutuhan pembelajaran Pendidikan Jasmani sebesar 2,55 pada kategori baik, keterlaksanaan kurikulum Pendidikan Jasmani sebesar 2,42 pada kategori kurang, maka dari kedua aspek indikatronya dalam proses hasilnya sebesar 2,48 pada kategori kurang.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Nurhadi Santoso, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: evaluasi, pendidikan jasmani, sarana dan prasarana
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 12 Apr 2023 07:50
Last Modified: 12 Apr 2023 07:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77487

Actions (login required)

View Item View Item