Tingkat Kemampuan Motorik Kasar Peserta Ekstrakurikuler Pencak Silat Siswa di SD Muhammadiyah Pracimantoro Kabupaten Wonogiri

Gasela, Gasela (2023) Tingkat Kemampuan Motorik Kasar Peserta Ekstrakurikuler Pencak Silat Siswa di SD Muhammadiyah Pracimantoro Kabupaten Wonogiri. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_gasela_19604221012.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengukur Tingkat Kemampuan Motorik Kasar Peserta Ekstrakurikuler Pencak Silat Siswa di SD Muhammadiyah Pracimantoro. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan instrumen penelitian Motor Ability Test (Nurhasan, 2004: 6.6). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pencak silat di SD Muhammadiyah Pracimantoro yang berjumlah 33 siswa dengan menggunakan teknik total sampling. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan motorik kasar peserta ekstrakurikuler pencak silat siswa di SD Muhammadiyah Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri dari kelas IV, V dan VI berada pada kategori 0% (0 siswa) di kategori “Sangat Baik”, terdapat 42,4% (14 siswa) di kategori “Baik”, terdapat 27,3% (9 siswa) di kategori “Cukup”, terdapat 18,2% (6 siswa) di kategori “Kurang” dan terdapat 12,1% (4 siswa) di kategori “Sangat Kurang”.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Erwin Setyo Kriswanto, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: kemampuan motorik kasar, ekstrakurikuler pencak silat, siswa Sekolah Dasar
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 12 Apr 2023 04:40
Last Modified: 12 Apr 2023 04:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77481

Actions (login required)

View Item View Item