MENINGKATKAN KETERAMPILAN OPERASI HITUNG MELALUI RECIPROCAL TEACHING SISWA KELAS VC SD 2 PADOKAN BANTUL TAHUN 2012

EDY, RIYANTO (2012) MENINGKATKAN KETERAMPILAN OPERASI HITUNG MELALUI RECIPROCAL TEACHING SISWA KELAS VC SD 2 PADOKAN BANTUL TAHUN 2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover- 08108247099.pdf

Download (797kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1 - 08108247099.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2 - 08108247099.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5 - 08108247099.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08108247099.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan operasi hitung siswa kelas VC SD 2 Padokan Bantul melalui reciprocal teaching. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan subjek penelitian siswa kelas VC SD 2 Padokan Bantul yang berjumlah 34 siswa. Penelitian dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas yang lain sebagai observer. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus memiliki empat tahap pelaksanaan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan tes secara tertulis, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas instrumen dilakukan dengan expert judgement dan menggunakan rumus korelasi product moment dengan angka kasar. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Teknik kuantitatif digunakan untuk menganalisis data tes formatif, sedangkan teknik kualitatif digunakan untuk menganalisis hasil observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan reciprocal teaching dilakukan dengan pengaturan kelompok yang baik, siswa bekerjasama dalam kelompok dan antar kelompok, siswa dimotivasi agar lebih aktif bertanya atau menjelaskan materi kepada teman, dan guru memberi tugas kepada siswa untuk mencari sumber belajar sebelum pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan operasi hitung bilangan pecahan. Pengaturan kelompok yang baik dilakukan dengan memasukkan siswa yang mempunyai kemampuan menjelaskan pada setiap kelompok. Kata kunci: keterampilan operasi hitung, reciprocal teaching.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keterampilan operasi hitung, reciprocal teaching.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 28 Nov 2012 00:58
Last Modified: 29 Jan 2019 17:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7748

Actions (login required)

View Item View Item