UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TEGALHARJO

Amadea, Alvina (2023) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TEGALHARJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Alvina Amadea.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa selama proses pembelajaran matematika materi perkalian dan pembagian pecahan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada siswa kelas V SDN Tegalharjo, Kalibawang, Kulon Progo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain yang mengacu pada Kemmis and Mc Taggart yang meliputi tahap perencanaan, tindakan, dan observasi serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Tegalharjo yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi data dengan observasi, wawancara, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Adapun kriteria keberhasilan yaitu 75% dari jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sekolah yaitu 65. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman siswa pada setiap siklus. Kemampuan pemahaman siswa dapat meningkat melalui proses pembelajaran yang dilakukan dengan permainan kartu animasi untuk mempermudah siswa memahami materi. Peningkatan kemampuan pemahaman dapat dilihat melalui hasil tes, yaitu pada siklus I sebanyak 3 siswa dengan persentase 17,65% dinyatakan tuntas, meningkat menjadi 13 siswa dengan persentase 76,47% pada siklus II dan meningkat kembali menjadi 16 siswa dengan persentase 94,11% pada siklus III dari keseluruhan 17 siswa, sedangkan nilai rata- rata kelas pada siklus I yaitu 53,72 dengan kategori “sedang” mengalami kenaikan yang signifikan pada siklus II sebesar 74,42 dengan kategori “tinggi” dan pada siklus III terdapat kenaikan kembali menjadi 80,40 dengan kategori “sangat tinggi”. Kata kunci : kemampuan pemahaman siswa, perkalian dan pembagian pecahan, permainan kartu

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Apr 2023 03:36
Last Modified: 06 Apr 2023 03:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77427

Actions (login required)

View Item View Item