PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN MENGOPERASIKAN MESIN-MESIN KANTOR

NURJANAH, SITI (2022) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBANTUAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN MENGOPERASIKAN MESIN-MESIN KANTOR. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
siti nurjanah_19707251019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kondisi buku ajar yang digunakan sebelumnya, 2) menghasilkan produk berupa buku ajar berbantuan Augmented Reality, 3) mengetahui kelayakan buku ajar berbantuan Augmented Reality, 4) mengetahui efektivitas buku ajar berbantuan Augmented Reality untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan mengoperasikan mesin-mesin kantor,5) mengetahui kepraktisan buku ajar berbantuan Augmented Reality. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Reseacrh and Development (RnD) dengan menggunakan model Borg and Gall. Uji kelayakan produk dilakukan oleh 1 ahli materi, 2 ahli media, 2 praktisi pembelajaran, 17 siswa SMK Marsudi Luhur, dan 28 siswa SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Subjek uji coba dalam menguji efektivitas motivasi dan keterampilan mengoperasikan mesin-mesin kantor adalah 28 siswa pada Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta dengan mata pelajaran Otomatisasi dan Tata Kelola Sarana dan Prasarana. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuesioner dan tes. Kuesioner kelayakan media diukur dengan 4 skala, kuesioner motivasi diukur menggunakan 5 skala sedangkan tes menggunakan tes unjuk kerja. Analisis data untuk kelayakan media dilakukan dengan teknik analisis deskriptif. Untuk menguji efektivitas media dalam meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan mengoperasikan mesin-mesin kantor dilakukan dengan standard gain kemudian dianalisis tingkat ketuntasan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) buku ajar mengoperasikan mesin- mesin kantor berbantuan Augmented Reality telah berhasil dikembangkan, 2) penilaian kelayakan materi yang dilakukan oleh ahli materi memiliki nilai rata-rata 3,88 dengan kategori sangat baik, penilaian kelayakan media oleh ahli media memiliki nilai rata-rata 3,51 dengan kategori sangat baik, penilaian kelayakan oleh praktisi pembelajaran memiliki nilai rata-rata 3,60 dengan kategori sangat baik, kelayakan media oleh siswa pada uji coba kelompok kecil memiliki nilai rata-rata 3,56 dengan kategori sangat baik, sedangkan pada uji coba kelompok besar memiliki nilai rata-rata 3,54 dengan kategori, sangat baik, 3) terjadi peningkatan motivasi yang lebih tinggi setelah menggunakan media (std gain = 0,34, N= 28) dengan kategori sedang, serta 4) terjadi peningkatan keterampilan mengoperasikan mesin-mesin kantor siswa yang lebih tinggi setelah menggunakan media (std gain= 0,55, N= 28). Hasil uji efektivitas media yang dilakukan menggunakan tes hasil belajar menunjukkan ketuntasan siswa sebesar 71% dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Textbook, Augmented Reality, Motivation, Skill of Operating Office Machines, Automation and Office Management
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 May 2023 02:11
Last Modified: 03 May 2023 02:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77424

Actions (login required)

View Item View Item