Kemandirian Belajar PJOK Peserta Didik Kelas VII di SMP N 6 Yogyakarta Pasca Pandemi Covid-19

Ramida, Diah Dentaria (2023) Kemandirian Belajar PJOK Peserta Didik Kelas VII di SMP N 6 Yogyakarta Pasca Pandemi Covid-19. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_diah dentaria ramida_19601241004.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar PJOK peserta didik kelas VII di SMP N 6 Yogyakarta pasca pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 menyebabkan perubahan besar bagi seluruh aspek kehidupan, baik ekonomi, sosial, kesehatan, termasuk pendidikan. Peralihan sistem pembelajaran yang berjalan dengan cepat, menyebabkan adanya perbedaan perilaku peserta didik antara pembelajaran tatap muka sebelum pandemi dan pasca pandemi. Dalam peralihan sistem pembelajaran kemandirian belajar perlu untuk diterapkan pada peserta didik agar tidak bergantung pada orang lain dan percaya akan kemampuan sendiri dalam proses belajarnya. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 6 Yogyakarta yang berjumlah 180 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket yang berjumlah 32 butir yang disebarkan melalui google form. Teknik analisis penelitian ini menggunakan analisis frekuensi dalam bentuk presentase Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar PJOK peserta didik kelas VII di SMP N 6 Yogyakarta pasca pandemi Covid-19 berada pada kategori “sangat tinggi” sebesar 7,2% (13 peserta didik), “tinggi” sebesar 25% (45 peserta didik), “cukup” 37,2% (67 peserta didik), “rendah” 27,2% (49 peserta didik), “sangat rendah” 3,4% (6 peserta didik).

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Sujarwo, M.Or.
Uncontrolled Keywords: kemandirian belajar, PJOK, pasca pandemi
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 05 Apr 2023 04:33
Last Modified: 05 Apr 2023 04:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77389

Actions (login required)

View Item View Item