PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN SD N 01 BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021

Ningrum, Anisah Dwi (2022) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN SD N 01 BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
fulltext_anisah dwi ningrum_17105244006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pelaksanaan pembelajaran daring di SD N 01 Bantul yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan faktor pendukung serta faktor penghambat pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan pelaksanaan pembelajaran daring selama pandemi covid-19. Penelitian ini menambah bukti, informasi, dan data empirik tentang pelaksanaan model pembelajaran daring serta faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan pembelajaran daring di SD sehingga dapat menjadi referensi pendukung bagi teori yang sudah ada. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan sampel yang digunakan berjumlah 77 peserta didik dan 6 pendidik di Sekolah Dasar Negeri 01 Bantul, Yogyakarta. Validitas yang digunakan adalah validitas konstruk. Penelitian menggunakan wawancara, kuesioner, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data guna memperoleh data terkait dengan pelaksanaan pembelajaran daring. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yang dituangkan dalam data statistik dan dikategorikan menjadi empat kategori yaitu: sangat sering, sering, kadang-kadang, dan tidak pernah. Adapun hasil penelitian membuktikan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di SD N 01 Bantul Yogyakarta berada pada kategori baik; dengan pencapaian skor sebesar 3,366. Rerata skor tersebut berada pada interval kelas 3,25 s.d. 4,00 kategori baik. diketahui bahwa dari 77 peserta didik sebagai sampel penelitian, 57% peserta didik menyatakan pelaksanaan pembelajaran daring di SD N 01 Bantul Yogyakarta berada pada kategori baik; 42% peserta didik menyatakan cukup baik; dan 1% peserta didik menyatakan kurang baik, serta tidak ada peserta didik yang menyatakan tidak baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring sudah berjalan secara baik. Namun, dalam pelaksanaannya masih ditemukan kendala seperti kondisi jaringan yang tidak stabil dan kesulitan peserta didik memahami materi pembelajaran sehingga hal tersebut menjadi tantangan tersendiri dalam pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Pembelajaran, Pembelajaran Daring
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 03 Apr 2023 07:58
Last Modified: 03 Apr 2023 07:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77365

Actions (login required)

View Item View Item