PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS V SD NEGERI KARANGMOJO III

Permatasari, Andhini (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS V SD NEGERI KARANGMOJO III. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Andhini Permatasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri Karangmojo III. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Karangmojo III yang berjumlah 9 siswa terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, instrumen tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dengan guru kelas. data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Adapun kriteria keberhasilan penelitian yaitu minimum 75% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal KKM) yaitu 75 dan aktivitas guru dan siswa lebih dari 85% dengan kategori sangat baik. Proses meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri Karangmojo III menempuh beberapa fase mulai dari mengorientasikan masalah, membentuk kelompok, membimbing investigasi kelompok, penulisan dan memamerkan hasil karya, dan kesimpulan. Pada penelitian ini sudah terbukti penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri Karangmojo III. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil tes yang diberikan oleh peneliti. Pada tahap pra siklus terdapat 22,22% tuntas dengan rata-rata kelas 58,33 kemudian pada siklus I meningkat persentase siswa tuntas meningkat menjadi 44,44% dengan rata-rata kelas 71,11 dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 77,77% siswa tuntas dengan rata- rata kelas 83,88. Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, pembelajaran IPS, model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 31 Mar 2023 04:39
Last Modified: 31 Mar 2023 04:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77329

Actions (login required)

View Item View Item