PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA KELAS V SD NEGERI UTAMA 3 CIMAHI

Fadhilah, Nur (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA KELAS V SD NEGERI UTAMA 3 CIMAHI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Nur Fadhilah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika khususnya pada materi debit melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada kelas V SD Negeri Utama 3 Cimahi. Model NHT memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbagi pendapat dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat, sekaligus mendorong siswa untuk meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis & Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Utama 3 Cimahi yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta soal tes. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan adalah apabila ≥ 80% dari jumlah siswa telah mencapai KKM yang ditentukan ≥ 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Utama 3 Cimahi. Berdasarkan hasil tes siklus I nilai rata-rata 77,3 dengan ketuntasan hasil belajar meningkat dari 10,53% menjadi 63,16% dan pada siklus II nilai rata-rata 86 dengan ketuntasan hasil belajar meningkat kembali menjadi 89,47%. Keberhasilan model pembelajaran NHT dalam meningkatkan hasil belajar didukung dengan adanya tutor sebaya sehingga siswa yang memiliki akademik tinggi pada pembelajaran matematika membantu temannya dalam memahami materi debit, guru memberikan reward bagi siswa yang paling aktif berpendapat dalam diskusi kelompok, menunjuk perwakilan kelompok untuk memberikan tanggapan dan pemberian reward bagi siswa yang memberikan tanggapan atas pemaparan jawaban temannya. Kata kunci: hasil belajar matematika, Numbered Head Together (NHT)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 31 Mar 2023 04:20
Last Modified: 31 Mar 2023 04:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77325

Actions (login required)

View Item View Item