PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF FLASH PADA MATERI FLORA DAN FAUNA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD NEGERI PANJATAN

Nugroho, Fadlan Kharisma Aji Nugroho (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF FLASH PADA MATERI FLORA DAN FAUNA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD NEGERI PANJATAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
FADLAN KHARISMA AJI NUGROHO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa multimedia interaktif flash pada materi flora dan fauna yang layak dan praktis untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Panjatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (RnD) dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall dalam Sugiyono (2015:28) yaitu 1) penelitian dan pengumpulan informasi awal, 2) perencanaan, 3) pengembangan format produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi produk utama, 6) uji coba lapangan utama 7) revisi produk opersional. Media yang dikembangkan sebelum di uji coba kepada siswa divalidasi terlebih dahulu oleh ahli media dan ahli materi. Subjek uji coba penelitian ini berjumlah 16 siswa. Untuk uji coba lapangan awal berjumlah enam siswa, uji coba lapangan utama sepuluh orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket uji kelayakan ahli media dan ahli materi, dan uji kepraktisan dilakukan oleh siswa dan guru. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) penilaian kelayakan oleh ahli media mendapatkan skor rata-rata 4,3 (Sangat Layak); (2) penilaian kelayakan oleh ahli materi mendapatkan skor rata-rata 4,4 (Sangat layak); (3) penilaian uji coba lapangan awal yang melibatkan 6 orang mendapat skor rata-rata 4,35 (Sangat paktis); (4) penilaian uji coba lapangan utama yang m eli bat ka n 10 or an g mendapatkan skor rata-rata 4,43 (Sangat praktis); (5) Guru memberikan skor rata-rata 4,23 (Sangat Praktis), dan (6) Multimedia Interaktif Flora dan fauna terbukti dapat meningkatkan nilai rata-rata siswa dari 58,75 menjadi 89,375 meningkat sebesar 30,625. Dengan demikian hasil dari serangkaian proses kelayakan dan kepraktisan multimedia interaktif Flora dan fauna dinyatakan layak dan praktis di gunakan sebagai alternatif sumber belajar siswa. Kata kunci : multimedia interaktif, flora dan fauna, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 31 Mar 2023 04:02
Last Modified: 31 Mar 2023 04:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77322

Actions (login required)

View Item View Item