EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-MUSTAQIIM SEROPAN DESA BEJIHARJO KARANGMOJO GUNUNGKIDUL

Ghufran, Za'im (2022) EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-MUSTAQIIM SEROPAN DESA BEJIHARJO KARANGMOJO GUNUNGKIDUL. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
zaim ghufran_17707251040.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pembelajaran meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan sarana prasarana di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Mustaqiim Seropan dengan standar kriteria yang telah diterbitkan dari Kementerian Agama Republik Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan evaluasi kesenjangan. Subjek atau responden adalah kepala Taman Pendidikan Al-Qur’an, pengajar dan santri TPQ Al-Mustaqiim Seropan. Langkah-langkah penelitian ini terdiri dari lima tahap yaitu tahap penyusunan desain, tahap instalasi, tahap proses, tahap pengukuran tujuan, dan tahap perbandingan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, penelusuran dokumen dan angket. Data yang dikumpulkan melalui observasi, penelusuran dokumen, dan angket dianalisis menggunakan analisis kuantitatif dan wawancara menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelititan ini menunjukkan bahwa evaluasi pada aspek perencanaan pembelajaran sebesar 2,50 masuk klasifikasi kurang sesuai. Evaluasi pada aspek pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,06 masuk klasifikasi sesuai. Evaluasi pada aspek evaluasi hasil belajar sebesar 2,67 masuk klasifikasi sesuai. Evaluasi sarana dan prasarana sebesar 3,00 masuk dalam klasifikasi sesuai. Secara keseluruhan, evaluasi pelaksanaan program pembelajaran di TPQ Al-Mustaqiim Seropan sebesar 2,82 masuk dalam klasifikasi sesuai dengan standar kriteria yang sudah ditetapkan yaitu Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 91 Tahun 2020. Pelaksanaan program pembelajaran di TPQ Al-Mustaqiim masih perlu ditingkatkan dan disesuaikan dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 91 Tahun 2020 agar pelaksanaan pembelajaran dapat diselenggarakan dengan baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluation, instructional program, education of the Qur'an
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 31 Mar 2023 02:05
Last Modified: 31 Mar 2023 02:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77312

Actions (login required)

View Item View Item