PENGEMBANGAN E-MODUL BERDASARKAN PENDEKATAN MONTESSORI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ORANG TUA DALAM MENSTIMULASI SENSORIMOTOR BAYI USIA 0-24 BULAN

Tiyas, Retno Ayuning (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERDASARKAN PENDEKATAN MONTESSORI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ORANG TUA DALAM MENSTIMULASI SENSORIMOTOR BAYI USIA 0-24 BULAN. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
retno ayuning tiyas_18707251022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk (1) Membuat kondisi pemanfatan e-modul pembelajaran yang mampu meningkatkan pengetahuan dan stimulasi kemampuan sensorimotor bayi usia 0-24 bulan. (2) Menghasilkan e-modul yang layak berdasarkan pendekatan Montessori bagi orang tua untuk meningkatkan kemampuan stimulasi sensorimotor bayi usia 0-24 bulan. (3) Menghasilkan e-modul yang praktis berdasarkan pendekatan Montessori bagi orang tua untuk meningkatkan kemampuan stimulasi sensorimotor bayi usia 0-24 bulan. (4) Menghasilkan e-modul yang efektif berdasarkan pendekatan Montessori bagi orang tua untuk meningkatkan kemampuan stimulasi sensorimotor bayi usia 0-24 bulan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop dan Disseminate). Subyek dalam penelitian ini adalah ahli media berjumlah 1 orang, ahli materi berjumlah 1 orang , perwakilan ahli dari 2 orang tua yang memiliki latar belakang pendidikan Montessori dan orang tua yang memiliki bayi usia 0-24 bulan berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara, angket penilaian kelayakan e-modul, angket respon orang tua, tes dan portofolio. Analisis data dilakukan dengan dengan analisis deskriptif dan gain-score. Produk yang di hasilkan yaitu e-modul dengan fitur flipHTML5 yang berisi materi tumbuh kembang kemampuan sensorimotor, stimulasi dan tahapan sensory play sesuai usia, gangguang tumbuh kembang dan evaluasi pembelajaran mandiri. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) E-modul berdasarkan pendekatan Montessori bermanfaat terhadap meningkatknya kemampuan orang tua dalam menstimulasi sensorimotor bayi usia 0-24 bulan sesua dengan kondisi umum dan lingkurang orang tua dan bayi. (2) E-modul berdasarkan pendekatan Montessori untuk meningkatkan kemampuan kemampuan orang tua dalam menstimulasi sensorimotor bayi usia 0-24 bulan dinyatakan layak berdasarkan hasil uji kelayakan oleh ahli media sebesar 87%, ahli materi 100% dan 2 pengguna sebagai ahli 97% untuk seluruh aspek dinyatakan sangat layak. (3) E-modul yang dikembangkan dinyatakan praktis bersarkan uji kepraktisan melalui uji kelompok kecil 88 %, uji operasional 90 % dan uji kelompok besar 91% dari keseluruhan uji kepraktisan dinyatakan sangat praktis. (4)E-modul bersdasarkan Montessori untuk meningkatkan kemampuan orang tua dalam menstimulasi sensorimotor bayi dinyatak efektif berdasarkan tes dan portofolio intensitas stimulasi bayi. Hasil uji keefektifan pengetahuan orang tua mengenai tumbuh kembang dan stimulasi sensori dari hasil pretest sebesar 81,3% dan pretest memperoleh 90,9% e-modul dinyatakan efektif meningkatkan pengetahuan orang tua. Hasil perhitungan data portofolio intensitas stimulasi orang tua terhadap anaknya menunjukan adanya peningkatan sebesar 95% termasuk kriteria sangat tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Sensorimotor ability, e-module, baby stimulation age 0-24 months
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:43
Last Modified: 30 Mar 2023 04:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77305

Actions (login required)

View Item View Item