PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN DI TAMAN KANAK-KANAK KOTA YOGYAKARTA

Priyanti, Endang (2023) PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN DI TAMAN KANAK-KANAK KOTA YOGYAKARTA. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
endang priyanti_20707251005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan proses (perencanaan, pelaksanaan, dampak) pemanfaatan TIK dalam mendukung pembelajaran pada TK di Kota Yogyakarta, 2) mendeskripsikan kompetensi guru dalam memanfaatkan TIK untuk mendukung pembelajaran pada TK di Kota Yogyakarta, dan 3) mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan TIK dalam mendukung pembelajaran pada TK di Kota Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada Taman Kanak-Kanak di Kota Yogyakarta. Subyek penelitian ini terdiri dari 33 kepala sekolah TK dan 33 guru TK di Kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan skala, wawancara, dan checklist. Instrumen penelitian menggunakan skala pemanfaatan TIK dalam perencanaan pembelajaran sebanyak 20 butir, skala pemanfaatan TIK dalam pelaksanaan pembelajaran sebanyak 20 butir, skala dampak pemanfaatan TIK dalam pembelajaran sebanyak 20 butir, skala kompetensi guru PAUD sebanyak 30 butir, skala faktor yang mempengaruhi TIK dalam pembelajaran sebanyak 20 butir, wawancara kepala sekolah PAUD sebanyak 7 butir, wawancara guru PAUD sebanyak 8 butir, dan checklist sebanyak 20 butir. Uji validitas wawancara dan checklist menggunakan experts judgment dan uji lapangan. Uji validitas skala menggunakan Product Moment Pearson. Uji reliabilitas skala menggunakan Alfa Cronbach. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pemanfaatan TIK dalam mendukung pembelajaran pada TK di Kota Yogyakarta telah dilaksanakan dengan baik meliputi perencanaan 54,55%, pelaksanaan 72,73%, dan dampak 78,79%, 2) kompetensi guru PAUD dalam pemanfaatan TIK memperoleh kategori sangat baik 9,09%, baik 21,21%, tidak baik 66,67%, dan sangat tidak baik 3,03%, 3) faktor yang mempengaruhi TIK dalam pembelajaran meliputi a) terbatasnya kompetensi guru dalam memanfaatkan TIK, b) minimnya jaringan internet dan tidak stabil, terbatasnya jaringan listrik, rendahnya penggunaan aplikasi pembelajaran, c) rendahnya dukungan SDM dan anggaran, dan d) kurangnya sikap guru untuk memanfaatkan TIK dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: utilization, information and communication technology, learning
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 29 Mar 2023 04:14
Last Modified: 29 Mar 2023 04:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77253

Actions (login required)

View Item View Item