Aktivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi COVID-19 (Studi Etnografi Pendidikan di Desa Kemirisewu)

Siswaningrum, Siswaningrum (2023) Aktivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi COVID-19 (Studi Etnografi Pendidikan di Desa Kemirisewu). S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
siswaningrum_19707251035.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas pembelajaran daring warga belajar di desa Kemirisewu melalui analisis interpretasi pembelajaran daring oleh warga desa Kemirisewu, dan menganalisis pergulatan pembelajaran daring di desa Kemirisewu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi etnografi pendidikan, yang menggambarkan kegiatan warga dalam pembelajaran daring dan menganalisis pemaknaan warga terhadap pembelajaran daring. Sumber data primer terdiri dari peserta didik dan orang tua atau pengasuh peserta didik di desa Kemirisewu selama 6 bulan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, dan observasi partisipan dengan cara terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran. Teknik analisis data yang dilakukan adalah seperti yang dikemukakan oleh Creswell (2015) yaitu mengelola data, mengeksplorasi dan membuat kode, mendeskripsikan temuan dan membentuk tema, merepresentasikan dan melaporkan temuan, menafsirkan makna temuan, dan memvalidasi keakuratan temuan. Hasil Penelitian ini adalah bawa aktivitas pembelajaran daring di desa Kemirisewu masih menggunakan asumsi instructional design artinya teknologi digital masih mengontrol belajar, implikasinya adalah learners sebagai objek dari teknologi pembelajaran daring. Aktivitas pembelajaran daring di Kemirisewu belum banyak menggunakan asumsi facilitating learning sebagai prasyarat dasar, artinya belum memfasilitasi pembelajaran, indikatornya adalah warga menginterpretasikan pembelajaran daring sebagai hal yang membingungkan, tidak interaktif, pembelajaran hanya formalitas, pembelajaran seperti “neraka”, dianggap seperti libur sekolah sehingga waktu banyak terbuang untuk melakukan kegiatan rekreatif. Pembelajaran yang tidak facilitating learning mengakibatkan belum tumbuhnya self-directed dan self-regulated learning serta budaya tulis dan literasi yang rendah. Selama pembelajaran daring di masa pandemi muncul perilaku yang tidak sesuai dengan praktek etis sebagaimana yang harus diterapkan dalam etika profesi Teknologi Pendidikan, di antaranya mencontek ketika mengerjakan soal ujian dan meminta bimbingan orang tua di rumah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Online learning, educational ethnography
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 29 Mar 2023 02:49
Last Modified: 29 Mar 2023 02:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77250

Actions (login required)

View Item View Item