Handayani, Novi (2023) Pengembangan Video Tutorial Pembelajaran Bahasa Indonesia Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
Text
novi handayani_20707251026.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) |
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan kondisi penggunaan media pembelajaran pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar saat ini, (2) mengetahui kelayakan video tutorial dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar, (3) mengetahui tingkat kepraktisan video tutorial untuk pembelajaran, (4) menghasilkan video tutorial yang efektif terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Jenis penelitian dan pengembangan ini mengacu pada tiga tahapan model pengembangan Alessi & Trollip (2001) yaitu: 1) perencanaan, 2) desain, dan 3) pengembangan. Subjek uji coba lapangan awal terdiri dari 7 orang siswa kelas 1B SDIT Al- Khairaat Yogyakarta. Subjek uji coba lapangan utama terdiri dari 30 siswa kelas 1A SDIT Al-Khairaat Yogyakarta. Validasi dilakukan oleh 1 orang ahli materi dan 2 orang ahli media. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket skala penilaian, tes tertulis dan tes unjuk kerja. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan N-gain Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kondisi pembelajaran bahasa Indonesia khususnya materi menulis permulaan membutuhkan media pembelajaran yang menarik dan dapat memvisualisasi materi dengan berbantuan teknologi. 2) produk video tutorial terbukti layak digunakan dan telah memenuhi uji kelayakan oleh ahli materi sebesar 4,25 dengan kategori “sangat layak”, dan ahli media sebesar 4,17 dengan kategori “layak”. 3) uji kepraktisan dilakukan kepada guru dan siswa melalui hasil uji respon guru sebesar 86,66% dengan kategori “sangat praktis” dan uji respon siswa sebesar 90% dengan kategori “sangat praktis”. 4) produk pengembangan media video tutorial terbukti efektif memberikan pengaruh terhadap hasil belajar kognitif maupun psikomotorik pada pembelajaran bahasa Indonesia yakni materi menulis permulaan. Hasil belajar kognitif memperoleh skor posttest lebih besar daripada skor pretest yakni sebesar 88,33 > 63,33 dengan peningkatan sebesar 25 dan nilai gain score sebesar 0,68 dengan kategori “sedang”. Sedangkan hasil belajar psikomotorik mendapatkan skor posttest lebih besar dari pada skor pretest sebesar 86 > 57,16 dengan peningkatan sebesar 28,84 dan nilai gain score 0,57 dengan kategori “sedang”, sehingga dapat disimpulkan bahwa video tutorial memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa baik dalam aspek ranah kognitif maupun psikomotorik. Hasil uji-t berpasangan juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif dan psikomotorik pada siswa sebelum dan sesudah menggunakan media video tutorial pembelajaran dengan masing- masing nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Tutorials, Learning Indonesian, Learning Outcomes, Development |
Subjects: | Pendidikan > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan FIP |
Date Deposited: | 28 Mar 2023 07:16 |
Last Modified: | 28 Mar 2023 07:16 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77234 |
Actions (login required)
View Item |