Pengembangan Model Pembelajaran Flipped Classroom untuk Meningkatkan Nilai Karakter Gemar Membaca dan Menghargai Prestasi di Sekolah Dasar Negeri “A” Keputran Yogyakarta

SIGALINGGING, RISMAWATI FATIMA (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Flipped Classroom untuk Meningkatkan Nilai Karakter Gemar Membaca dan Menghargai Prestasi di Sekolah Dasar Negeri “A” Keputran Yogyakarta. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
rismawati fatima sigalingging_19707251030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan model pembelajaran flipped classroom yang layak untuk meningkatkan nilai karakter gemar membaca dan menghargai prestasi, 2) menghasilkan model pembelajaran flipped classroom yang yang praktis untuk meningkatkan nilai karakter gemar membaca dan menghargai prestasi dan 3) menguji keefektifan model pembelajaran flipped classroom dalam meningkatkan nilai karakter gemar membaca dan menghargai prestasi pada peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Dick & Carey, dengan sembilan dari sepuluh tahap model pengembangan, yaitu (1) identifying instructional goals, (2) conducting instructional analysis, (3) analyzing learners and contexts, (4) writing performance objectives, (5) developing assessment instrument, (6) developing instructional strategy, (7) developing and selecting instructional materials, (8) designing and conducting formative evaluation, dan (9) revising instruction. Subjek one-to one evaluation sejumlah tiga orang peserta didik, subjek small group evaluation sejumlah 9 orang peserta didik dan subjek field trial evaluation sejumlah 30 orang peserta didik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi untuk studi pendahuluan, panduan wawancara, angket untuk ahli dan guru dalam menilai produk, dan angket gemar membaca dan menghargai prestasi peserta didik untuk menilai keefektifan produk. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian berupa model pembelajaran flipped classroom untuk meningkatkan nilai karakter gemar membaca dan menghargai prestasi yang dikemas dalam buku panduan pelaksanaan pembelajaran yang terdiri dari langkah- langkah model flipped classroom yaitu pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli dan praktisi menyimpulkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan masuk kategori “sangat baik”. Model pembelajaran yang dikembangkan tersebut efektif dalam meningkatkan nilai karakter gemar membaca dan menghargai prestasi. Hal ini terdapat perbedaan hasil akhir antara pre-test dan post-test setelah diberi perlakuan model pembelajaran flipped classroom dengan p < 0,05 yaitu nilai signifikan sebesar 0,000. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran flipped classroom dapat meningkatkan nilai karakter gemar membaca dan menghargai prestasi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: flipped classroom, the character likes to read, the character appreciates achievement
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 28 Mar 2023 06:05
Last Modified: 28 Mar 2023 06:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77233

Actions (login required)

View Item View Item