Pengembangan Traffic Sign Multimedia Berbasis Teknologi Interactive Surface Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kesadaran Lalu Lintas Siswa Sekolah Dasar

Setiawan, Anton Agus (2023) Pengembangan Traffic Sign Multimedia Berbasis Teknologi Interactive Surface Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kesadaran Lalu Lintas Siswa Sekolah Dasar. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
anton agus setiawan_20707251016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)

Abstract

Penelitian bertujuan 1) menghasilkan produk traffic sign multimedia berbasis teknologi interactive surface yang layak untuk pembelajaran di kelas guna meningkatkan motivasi belajar dan kesadaran lalu lintas siswa sekolah dasar, 2) mengetahui tingkat kelayakan produk traffic sign multimedia berbasis teknologi interactive surface, 3) mengetahui peningkatan motivasi belajar dan kesadaran lalu lintas sebelum dan sesudah menggunakan traffic sign multimedia berbasis teknologi interactive surface. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan yang mengadopsi model ADDIE. Pada tahapan analisis melakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum dan analisis karakteristik peserta didik sebelum penelitian berlangsung. Tahap desain membuat dan menyusun rancangan berupa desain media (storyboard) dan diagram alir (flow chart) produk yang akan dikembangkan serta menyusun instrumen pengambilan data penelitian. Tahap pengembangan yaitu membuat prototipe produk traffic sign multimedia dengan mengimplementasikan kode program, kemudian melakukan validasi produk dan revisi tahap awal sebelum dilakukan uji coba kepada peserta didik. Tahap implementasi melakukan uji coba produk yang telah dibuat dan melakukan penyebaran angket motivasi belajar dan angket kesadaran lalu lintas. Tahap evaluasi melakukan beberapa perbaikan produk berdasarkan saran dan masukan yang bersifat kualitatif dan kuantitatif setelah proses pengambilan data penelitian. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa-siswi kelas lima di Sekolah Dasar Negeri Baureno, Jatirejo, Mojokerto, Jawa Timur. Untuk instrumen penelitian yang digunakan yaitu: RPP, angket observasi keterlaksanaan RPP, angket validasi produk, angket respon peserta didik, angket motivasi belajar, dan angket kesadaran lalu lintas. Teknik analisis data terdiri dari teknik analisis validasi instrumen dan analisis hasil instrumen. Teknik analisis validitas instrumen menggunakan SBi, sedangkan untuk analisis hasil penelitian menggunakan normalized gain dan persentase keterlaksanaan. Hasil dari penelitian yaitu 1) telah dihasilkan produk traffic sign multimedia berbasis teknologi interactive surface yang layak dan valid dimanfaatkan oleh siswa kelas lima di Sekolah Dasar Negeri Baureno, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur dengan kategori sangat baik, 2) adanya peningkatan motivasi belajar siswa dengan skor gain sebesar 1,16 dan termasuk kriteria tinggi, serta 3) adanya peningkatan kesadaran lalu lintas siswa dengan skor gain sebesar 1,18 dan termasuk kriteria tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: traffic sign multimedia, interactive surface, traffic learning media, learning motivation, traffic awareness
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 28 Mar 2023 04:28
Last Modified: 28 Mar 2023 04:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77231

Actions (login required)

View Item View Item