Kapasitas Pendidikan Vokasional di Dataran Tinggi Agam dalam Menghadapi Persaingan Global.

Zuharnen, Zuharnen and Pardjono, Pardjono (2023) Kapasitas Pendidikan Vokasional di Dataran Tinggi Agam dalam Menghadapi Persaingan Global. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-zuharnen-15703261002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi kapasitas fungsi pendidikan sekolah menengah kejuruan (SMK) di Dataran Tinggi Agam dalam menyediakan tenaga kerja untuk pembangunan daerah dan pembangunan nasional, (2) mendeskripsikan kapasitas sumberdaya manusia yang tersedia pada SMK di Dataran Tinggi Agam, dan (3) mengidentifikasi kapasitas sarana dan prasarana pendidikan yang ada SMK di Dataran Tinggi Agam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, namun karena data yang dikumpulkan dianalisis secara kuantitatif menggunakan statistik (deskriptif), maka penamaan metode disebut dengan “deskriptif kuantitatif”. Penelitian difokuskan pada permasalahan yang dihadapi oleh SMKN/SMKS/D-1 di Dataran Tinggi Agam. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, yang diperuntukkan bagi pemangku kepentingan dan komunitas sekolah pada setiap satuan pendidikan. Kuesioner berisi 50 butir pertanyaan yang digunakan untuk mendapatkan nilai/index bagi ke-tujuh indikator. Responden ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengolahan data dikerjakan secara statistik dan penyajian indikator kapasitas pendidikan SMK berupa model “jejaring laba-laba” yang dilengkapi dengan diagram batang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Berbagai kendala maupun keterbatasan pada pendidikan SMK yang terdapat di Dataran Tinggi Agam menyebabkan lulusan pendidikan vokasional masih sulit bersaing untuk memperoleh pekerjaan sesuai dengan kompetensinya. (2) Pada semua satuan pendidikan vokasional, tidak diperoleh data yang sahih tentang guru produktif sebagai penggerak utama pendidikan, karena yang disebutkan hanyalah guru professional. (3) Ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan (laboratorium, perpustakaan, alat peraga dsb) pada sebagian besar satuan pendidikan vokasional di Dataran Tinggi Agam belum mencukupi untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta didik. Potensi unggulan daerah seperti pertanian, peternakan, dan perikanan air tawar belum diakomodasi sebagai program keahlian. Dalam 20 tahun terakhir kota Bukittinggi mendapat prioritas sebagai pusat pelayanan kesehatan masyarakat, sehingga kompetensi di sektor kesehatan juga memiliki peluang untuk dikembangkan. Dengan dikeluarkannya Inpres No.9/2016 tentang Revitalisasi SMK, maka arti penting dari pendidikan vokasional dan pembenahannya menjadi mendesak untuk dilakukan. Manfaat dari penelitian ini adalah: (1) menjadikan SMK di daerah penelitian memiliki program unggulan guna menarik minat peserta didik, (2) menjadikan lulusan SMK sebagai bagian dari pemecahan masalah pengangguran dan bagian dari proses transisi dari masyarakat agraris menuju masyarakat industry, dan (3) dapat digunakan oleh pemangku kepentingan untuk evaluasi dan perencanaan pendidikan vokasional serta pembangunan daerah pada umumnya.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: fungsi pendidikan, kapasitas, sarana, prasarana, sumberdaya
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Mar 2023 02:33
Last Modified: 28 Mar 2023 02:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77224

Actions (login required)

View Item View Item