Pemanfaatan Media Sosial Dalam Proses Pembelajaran Generasi Z

ANANDAI, ERISTI MANTIKA (2023) Pemanfaatan Media Sosial Dalam Proses Pembelajaran Generasi Z. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
eristi mantika anandai_19707251011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Eksistensi teknologi digital mendorong perubahan gaya hidup generasi Z dalam mengoptimalisasikan media sosial sebagai media dan sumber informasi yang memfasilitasi kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana generasi Z (1) memaknai media sosial dalam pembelajaran, (2) menggunakan media sosial dalam pembelajaran dan (3) latar belakang penggunaan media sosial dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengacu pada metode penelitian fenomenologi dengan pendekatan studi lapangan. Subjek penelitian ialah tiga orang siswa yang mewakili generasi Z dan empat orang pengajar dari Lembaga Kursus Bahasa Bright Education. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi terlibat, wawancara yang mendalam, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian ditranskripkan, dibuat kode, serta pemunculan tema. Teknik analisis yang digunakan ialah model interaktif. Hasil dari penelitian ini meliputi tiga temuan. Pertama, (i) dalam keseharian media sosial dimanfaatkan untuk berkomunikasi dan konektivitas sesama pengguna; (ii) adanya peranan penting media sosial selayaknya teman dan menjadi bagian keseharian yang dapat memudahkan aktivitas dan menghibur penggunanya; (iii) generasi Z memaknai media sosial sebagai salah satu medium dengan akses yang mudah, mampu memfasilitasi aktivitas belajar dengan menyediakan bahan belajar yang variatif, sumber informasi, menambah pengetahuan, serta sifatnya yang mudah dibagikan. Kedua, untuk memenuhi kebutuhan belajar, generasi Z sebagai subjek belajar dengan sadar memaksimalkan media sosial dalam proses belajar sehari-hari, khususnya untuk materi pembelajaran Bahasa, Sains, dan Tutorial yang membutuhkan eksplorasi lebih di luar kelas. Sedangkan platform dengan intensitas tertinggi yang digunakan generasi Z ialah aplikasi Instagram, WhatsApp dan Tiktok. Ketiga, latar belakang generasi Z menggunakan media sosial dalam pembelajaran terdiri dari enam hal, yakni (i) kedekatan media sosial dalam keseharian dan menjadi gaya hidup; (ii) kelengkapan fitur, berbagai manfaat, jangkauan luas, dan konten media sosial yang menarik; (iii) merasakan adanya motivasi untuk mengembangkan diri; (iv) kemudahan dalam mencari informasi; (v) adanya adiksi dalam penggunaan media sosial; dan (vi) faktor karakter generasi Z sebagai generasi digital.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: learning media utilization, social media, Z generation
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 28 Mar 2023 04:37
Last Modified: 28 Mar 2023 04:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77214

Actions (login required)

View Item View Item